Scroll ke Atas
Berita Utama

IPDI Brebes Gelar Anniversary Pererat Silaturahmi, Ajak Anggotanya Ikut BPJS

76
×

IPDI Brebes Gelar Anniversary Pererat Silaturahmi, Ajak Anggotanya Ikut BPJS

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Ikatan Persaudaraan Driver Indonesia ( IPDI ) Kordinator Wilayah ( Korwil ) Kabupaten Brebes menggelar anniversary yang ke I sebagai bentuk rasa syukur dan mempererat tali silaturahim serta mengadakan kegiatan Bansos (Bantuan Sosial) sunatan massal berikut santunan bagi anak yatim. Bertempat di obyek wisata Baribis Park, Minggu, 21 Agustus 2022.
Ika Salim Ketua Rumah Berdaya Pengemudi Indonesia ( RBPI ) selaku induk dari organisasi IPDI mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh IPDI Korwil Brebes, dirinya mengajak para pengemudi dan komunitas yang tergabung dalam naungan RBPI untuk selalu berkomunikasi, menjalin silaturahmi, kompak dan bersatu.
Ika menjelaskan di tengah keprihatinan bagi para pengemudi yang masih saja mendapatkan diskriminasi bila terjadi masalah atau musibah di lapangan, mereka selalu dibenturkan dengan masalah hukum dan mereka juga selalu menjadi korban. Untuk itu dengan adanya paguyuban diharapkan dapat memberikan pendampingan hukum serta membantu bila terjadi masalah di perjalanan.
“Pengemudi resikonya sangat besar kalau tidak menabrak ya bisa jadi ditabrak, namun dalam kasus tersebut merekalah yang selalu dianggap salah, untuk itu kami melalui RBPI memberikan pendapingan atau payung hukum bagi mereka yang tertimpa masalah,” terang Ika.
Selain resiko yang berkaitan dengan lakalantas kata Ika, jaminan keselamatan keja para pengemudi pun juga harus diupayakan salah satunya yaitu dengan keikutsertaan sebagai peserta BPJS Ketenaga kerjaan.
“Pekerja formal lebih banyak menikmati program pemerintah seperti BPJS Ketenaga Kerjaan yang dibiayai perusahaan karena lebih terkoordinir, akan tetapi bagi pekerja informal seperti para sopir yang bekerja lepas atau mandiri serta memiliki armada sendiri ini yang seharusnya diupayakan agar mereka segera ikut untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS BPU,” paparnya.
BPJS Ketenaga Kerjaan BPU manfaatnya beragam dari mulai Jaminan Kesehatan (JKN), Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) dan Jaminan Hari Tua (JHT), ini semua sangat-sangat membantu bagi para pengemudi yang memiliki resiko tinggi dari kecelakaan laluintas.
“Sopir lepas atau sopir mandiri bisa terkaper oleh pemerintah syaratnya menjadi peserta BPJS BPU, manfaatnya banyak seperti mohon maaf misal meninggal dunia maka keluarga yang di tinggalkan mendapatkan santunan. Atau misal kecelakaan maka dengan cepat mendapatkan perawatan tanpa memikirkan biayanya atau harus menunggu iuran dari teman-teman paguyuban. Kalau sekali dua kali mungkin masih mampu akan tetapi kalau seterusnya iuran tentu akan menjadi beban,” papar Ika.
Sebagai penutup Ika berpesan ke para Driver khususnya IPDI untuk selalu menjaga kerukunan dan keguyuban serta membangun pandangan yang baik di mata masyarakat dengan merubah stigma dari pengemudi yang ugal-ugalan menjadi paguyuban pengemudi yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.
Ketua IPDI Korwil Brebes Warso menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ika Salim di acara syukuran Anniversary IPDI Brebes. Dia berharap dengan kegiatan tersebut dapat memberikan semangat bagi para anggota IPDI untuk lebih mempererat persaudaraan serta rasa kekeluargaan sekaligus menambah kekompakan dan persatuan, yang bertepatan dengan momentum Kemerdekaan RI, Ia juga terbuka bagi para pengemudi di wilayah Brebes bila mana ingin bergabung dalam paguyuban yang di ketuai dirinya.
“Alhamdulillah acara Anniversary dan Baksos santunan serta sunatan massal berjalan lancar dan sukses, semoga kegiatan ini bermanfaat serta menjadi keberkahan bagi IPDI,” ungkapnya.
“Paguyuban IPDI memberi wadah para pengemudi dengan arah dan tujuan yang jelas kemaanfaatanya, untuk itu bagi para driver dirinya sangat terbuka bila ada yang ingin bergabung dalam IPDI Brebes, namun tentunya harus dengan keseriusan,” tandasnya menambahkan.
Acara Anniversary ditutup dengan do’a bersama serta pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ika Salim selaku RBPI yang di serahkan kepada Ketua IPDI Korwil Brebes Warso diiringi tepukan tangan dari seluruh anggota yang hadir. (yayan).

Baca Juga :  Hut ke 345 Kabupsten Brebes Dongkrak Ekonomi Dengan Digitalisasi