Scroll ke Atas
Berita Utama

Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jatibarang Kidul Dampingi Giat Motivasi Posyandu Desa

68
×

Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jatibarang Kidul Dampingi Giat Motivasi Posyandu Desa

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES– Anggota Babinsa Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, Sertu Sufiyanto melakukan pendampingan kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil di desa binaannya, Desa Jatibarang Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jateng. Selasa (7/9/2022) pagi
Sertu Sugiyanto mengatakan kegiatan tersebut dilangsungkan di Rumah Desa Sehat di RT. 03/10 Jatibarang Kidul.
Kegiatan yang dilakukan dengan pemberian vitamin A, penyuntikan imunisasi dan pengecekan pertumbuhan bayi pengukuran badan, pengukuran lingkar kepala, dan pengukuran lengan), serta penimbangan berat badan.
“Pendampingan ini dilakukan pihaknya bersama anggota Bhabinkamtibmas, mendorong agar para kader Posyandu, kader PKK, dan warga Desa Jatibarang setempat yang hamil maupun memiliki anak balita,” ujarnya.
Menurutnya , kegiatan Posyandu tersebut merupakan bentuk pelayanan kesehatan jemput bola bagi ibu hamil dan balita yang dilakukan bidan desa setempat dalam mengatasi persoalan kesehatan terhadap masyarakat lapisan paling bawah.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di pelosok desa,” tuturnya
Lanjut Sugiyanto jika keterlibatan bumil dan balita dapat dimaksimalkan maka diharapkan mereka tidak perlu susah untuk menjangkau pelayanan kesehatan di kota.
“Balita harus sehat dan kuat karena mereka adalah cikal bakal pemimpin bangsa sehingga jangan sampai ada kasus balita menderita stunting 
Sementara respon warga dan peserta sangat antusias dan sudah sadar untuk mengikuti kegiatan posyandu guna mengetahui perkembangan kesehatan kehamilan maupun kondisi balita.
Nunggal Str. Keb, selaku bidan desa mengatakan kegiatan ini bertujuan giat rutinitas untuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB),maupun Angka Kematian Ibu (AKI), juga membantu memperlancar proses melahirkan dan nifas, serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan di bidang kesehatan.katanya
Nunggal menilai bahwa motivasi dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat membantu pihaknya dalam pengerahan warga yang mempunyai balita untuk menimbang bayinya sehingga perkembangan kondisi kesehatan bayi bisa dipantau setiap bulannya.
“Keberadaan anggita TNI dan Polri mampu memotivasi para balita dan anak untuk melihat dari dekat contoh sosok dari profesi tersebut,” pungkasnya – (aan/imam)

Baca Juga :  Sambut Musyran, PRM Talok gelar Jalan Sehat