Scroll ke Atas
Berita Utama

Kualitas Keimanan Seorang Haji Diuji Ketika Kembali di Tanah Air

54
×

Kualitas Keimanan Seorang Haji Diuji Ketika Kembali di Tanah Air

Sebarkan artikel ini

 

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kualitas keimanan seorang haji akan terus diuji ketika kembali di tanah air. Karena tantangan di tanah suci lebih ringan ketimbang ketika berada di kampung halamannya. Maka predikat haji harus bisa menjadi pendorong meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, yang tercermin dalam gerak langkah dan amal perbuatan keseharian, sehingga patut menjadi contoh teladan bagi masyarakat lainya.
Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti saat sambutan Silaturahmi dan Tasyakuran dengan Jamaah Haji Kabupaten Brebes tahun 1443/2022 di Aula Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Rabu (14/9/2022) kemarin.
Idza mengingatkan, gelar haji yang telah disematkan jangan menjadikan tinggi hati menjadikan orang lain dianggap lebih rendah derajat keimanan dan keisalamannya. Justru selepas berhaji, hendaknya makin istikomah dalam beribadah. menjaga perkataan dan perbuatan serta berhias dengan akhlak yang mulia sebagai tauladan bagi masyarakat.
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes H. Fajarin melaporkan, pelaksanaan ibadah haji dari Kabupaten Brebes berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Silatuahmi ini, semoga bisa mengingatkan kembali amaliyah-amaliyah seperti reuni untuk mempererat persaudaraan agar lebih kuat dan menjadi haji yang mabrur-mabruroh. 
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Brebes KH Solahudin Masruri memberi tausiyah kriteria predikat haji mabrur. Diantaranya yang paling penting dan menonjol adalah perubahan prilaku seorang haji setelah mengalami penggemblengan selama 40 hari lebih di tanah suci.  
“ Wis Haji ya penampilan lan tingkah lakune kudu luwih apik, tinggalaken kelakuan sing ora apik (sudah jadi haji ya berpenampilan dan tingkah lakunya harus lebih baik. Tinggalkan perbuatan yang tidak baik),” ujar Gus Solah yang juga pengasuh pondok pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog.
Tampak mengikuti silaturahmi dan tasyakuran haji, antara lain Anggota DPRD Brebes, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes, Kepala Bagian Kesra Setda Brebes, Perwakilan Forkopimda dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes – (imam)

Baca Juga :  Masyarakat Miskin di Kabupaten Brebes Mencapai 300 Ribu Jiwa di Dalamnya 100 Ribu Miskin Ekstim