Scroll ke Atas
Berita Utama

Bupati Brebes : Perpustakaan, Upaya Membangun Infrastruktur dan SDM

63
×

Bupati Brebes : Perpustakaan, Upaya Membangun Infrastruktur dan SDM

Sebarkan artikel ini
 
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pembangunan daerah bukan hanya pada sektor infrastruktur saja namun juga sektor Sumber Daya Manusia (SDM). Keseimbangan tersebut termuat dalam pembangunan gedung perpustakaan karena salah satu cara membangun kualitas SDM adalah dengan menyediakan sumber-sumber pengetahuan yang akan mendongkrak peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas, yang kesemua itu dapat diwujudkan melalui perpustakaan.
Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah, di Jalan GOR 2 Kelurahan Gandasuli, Brebes, Rabu (23/11).
Idza,mengatakan banyak kegiatan yang sudah dilakukan untuk pengembangan literasi di Kabupaten Brebes. Seperti layanan perpustakaan keliling di sekolah dan desa. Untuk meningkatkan literasi masyarakat, Kabupaten Brebes akan memfokuskan pengembangan perpustakaan umum desa, perpustakaan komunitas dan taman baca masyarakat sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial. 
“Saat ini Kabupaten Brebes sudah memiliki mitra program perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di 11 desa dan sudah melakukan replikasi mandiri perpustakaan berbasis inklusi sosial di 3 desa. dengan membangun gedung perpustakaan yang baru” kata Idza
Idza bwrharap hal ini bisa menjadikan pembudayaan kegemaran membaca dan budaya literasi meningkat. Tak hanya itu, perpustakaan juga menjadi pusat informasi, pusat kegiatan masyarakat dan tempat rekreasi masyarakat yang murah dan menyenangkan.
Lanjut idza kedepan Perpustakaan Kabupaten Brebes akan dilengkapi dengan ruang diskusi komunitas, ruang pelatihan atau ruang inklusi sosial dan ruang aula untuk kegiatan kegiatan seperti bedah buku dan sebagainya. 
Juga ada bioskop mini yang mampu menampung 40 orang. Mini teater ini akan menjadi salah satu magnet agar perpustakaan menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. 
“Nantinya kita akan menayangkan film-film yang dapat memberikan edukasi bagi masyarakat mulai anak hingga remaja maupun orang dewasa, dan di depan gedung tersebut terdapat taman edukasi, Sanggar Pramuka, dan komplek GOR sehingga menjadi lokasi yang terintegrasi tuturnya
Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Drs Mohammad Syarif Bando MM mengapresiasi Bupati Brebes beserta jajarannya yang menunjukan komitmen dalam peningkatan infrastruktur pencerdasan anak bangsa. Terbukti dengan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Brebes yang megah dengan arsitektur yang artistik dan menarik.
“Dengan gedung baru yang artistik dan menarik, banyak warga yang datang berkunjung untuk melihat dan membaca buku dan layanan lainnya,” katnya
Syarif Bando juga mengapresiasi para Penulis Brebes dan berharap agar mereka terus berkarya melalui tulisan terutama tulisan seputar Brebes agar daerahnya akan lebih dikenal.
“Kalau bukan orang Brebes sendiri, siapa lagi yang mau menulis tentang Brebes?“ kata Syarif memberi tantangan.
  
Sementara Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes Dr Tahroni pihaknya berharap adanya dukungan pengembangan perpustakaan umum melalui gerakan sedekah buku agar koleksi buku yang dimilili Perpustakaan Umum Brebes bisa semakin banyak lagi.
“Ayo yang punya buku dan pengen menyumbangkanya, kami terima dengan senang hati,” ujarnya. 
Lanjut Tahroni, Perpusda Brebes dibangun dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 9.276.876.000,.yang dibangun diatas tanah milik Pemerintah Kabupaten Brebes seluas 4.000 meter persegi, dibangun 2 lantai dengan total Luas Bangunan 1.800 meter persegi terdiri atas lantai 1 seluas 1.000 meter persegi dan lantai 2 seluas 800 meter persegi.
“Perencanaan Gedung disusun oleh CV. Bina Graha Brebes Tahun 2021, Pelaksana Pekerjaan Konstruksi oleh CV Shaka Aji Perkasa dari Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, Konsultan Pengawas CV Graha Kencana.
Kontrak Pekerjaan Konstruksi dari 23 Maret 2022 sampai 6 Oktober 2022 dan diberikan kesempatan pelaksanaan pekerjaan selama 25 hari dan pekerjaan selesai tanggal 31 Oktober

Baca Juga :  Rayakan Sedekah Bumi, Warga Desa Jraganan Membawa Ancak