Scroll ke Atas
Berita Utama

Pentingnya Anak 1-12 tahun Diberikan Obat Cacing

37
×

Pentingnya Anak 1-12 tahun Diberikan Obat Cacing

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan bagi masyarakat terutama anak-anak sebagai kelompok usia paling rentan terinfeksi. Cacingan dapat merusak gizi yang dikonsumsi anak sehingga menyebabkan anemia, stunting, bahkan kematian.
Untuk itulah di Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes bertempat di SD Manggis 01, Babinsa Koramil 10 Sirampog Kodim.0713 Brebes Koptu Slamet, melakukan pendampingan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan kepada 60 murid dibawah usia 12 tahun.
Koptu Slamet, mengatakan kegiatan yang dilakukan pihak Puskesmas Sirampog itu dalam rangka mereduksi cacingan di wilayah desa binaannya.?
“Untuk obat yang diberikan adalah albendazole 400 mg dengan dosis tunggal sekali minum,” ujarnya.
Sementara Eva Diansari, S.Keb selaku petugas kesehatan Puskesmas Sirampog, menerangkan albendazole tidak hanya membunuh cacing dewasa namun juga menghancurkan telur dan larva cacing. Jadi sangat berguna bagi anak-anak pada masa pertumbuhannya.
Lanjut Eva bagi anak usia 1-2 tahun diberikan albendazole 200 mg dengan dosis tunggal sekali minum.
“Diharapkan dengan adanya POPM Kecacingan di sekolah dasar tersebut dapat membuat anak-anak lebih sehat dan tumbuh lebih cepat,” tuturnya (aan/imam)

Baca Juga :  Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Satgas TMMD Ke-114 Kodim 1710/Mimika Gelar Perlombaan Voli