Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Peringati Hari Pers Nasional 2023, PWI Pemalang Gelar Orientasi Kewartawanan

×

Peringati Hari Pers Nasional 2023, PWI Pemalang Gelar Orientasi Kewartawanan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Guna memperingati hari pers nasional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan kegiatan orientasi kewartawanan.
Kegiatan sendiri bertempat di ruang Command Room Dinas Komunikasi Kabupaten Pemalang, Sabtu (11/2/2023).
Dalam orientasi kewartawanan ini, diikuti oleh anggota dan juga calon anggota PWI Pemalang. Selain menjadi syarat bergabung, orientasi kewartawanan diharapkan mampu menambah bekal ilmu dalam dunia jurnalistik.
Pada kegiatan orientasi kewartawanan ini, Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud, didaulat menjadi narasumber.
Materi yang disampaikan pertama adalah mengenai PWI, para calon anggota dijelaskan tentang apa itu organisasi PWI dan bagaimana kiprahnya serta mengapa alasan harus masuk ke dalam organisasinya.
“Organisasi wartawan yang pertama kali ada itu, PWI dan menjadi yang tertua. Kemudian, PWI menjadi organisasi profesi wartawan yang diakui dewan pers. Selama ini, PWI juga telah mempunyai kiprah yang begitu panjang, dengan begitu punya relasi yang baik kepada semua stakeholder. Maka wartawan yang bergabung ke PWI punya benefit yang begitu besarnya,” jelasnya.
Selanjutnya, Ketua PWI Jawa Tengah ini melanjutkan materinya membahas UU (Undang-Undang) Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Sesudah itu disambung pembahasan kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan ramah anak hingga PDPRT PWI.
Ia pun berpesan, agar para anggota PWI senantiasa menjaga marwahnya. Sebab, belakangan ini, marak terjadi kasus pidana yang menjerat oknum yang mengatasnamakan wartawan.
“Harapannya, jika kalian masuk ke PWI, maka bisa menjaga marwah wartawan. Dengan memahami isi PD PRT (Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga) PWI maka marwah seorang wartawan dan marwah organisasi terus terjaga,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua PWI Pemalang, Ali Basarah, menyampaikan, diadakannya orientasi kewartawanan dapat mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang profesional.
“Orientasi kewartawanan ini semoga dapat mengembangkan rasa profesionalisme seroang wartawan. Juga tentunya, menambah wawasan dan ilmu,” ujarnya.
Ia pun menginginkan, para peserta tidak selesai disini saja. Tidak hanya orientasi, melainkan naik ke jenjang berikutnya, yakni ikut serta dalam uji kompetensi.
“Setelah ini, harus melanjutkan ke UKW (Uji Kompetensi Wartawan). Sebab UKW adalah parameter dari profesi wartawan,” ucapnya.(*/)
Baca Juga :  Sejumlah 891 anggota PPS Se Kabupaten Brebes dilantik Ketua KPU Brebes