Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Tekan Angka Pelanggaran Lalin, Polres Pemalang Gelar Apel Operasi Candi

×

Tekan Angka Pelanggaran Lalin, Polres Pemalang Gelar Apel Operasi Candi

Sebarkan artikel ini

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Untuk menekan angka pelanggaran yang berpotensi pada fatalitas kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pemalang yang mengakibatkan korban jiwa, hari ini Polres Pemalang menggelar Apel Operasi Keselamatan Candi Tahun 2023 di Halaman Mapolres. Apel dihadiri Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat dan Forkopimda. Selasa (7/2/2023).

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi dalam isi sambutannya yang dibacakan Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya menyampaikan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal itu sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk.

Kapolda menjelaskan, menurut data jumlah pelanggaran lalu lintas di Jawa Tengah tahun 2022 sebanyak 1.068.344 (satu juta enam puluh delapan ribu tiga ratus empat puluh empat) pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 307.744 (tiga ratus tujuh ribu tujuh ratus empat puluh empat) pelanggaran. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 71 persen atau 760.600 (tujuh ratus enam puluh ribu enam ratus) pelanggaran.

Sedangkan jumlah tilang tahun 2022 sebanyak 709.883 (tujuh ratus sembilan ribu delapan ratus delapan puluh tiga) lembar dibandingkan tahun 2021 sebanyak 226.670 (dua ratus dua puluh enam ribu enam ratus tujuh puluh) lembar. Untuk angka jumlah tilang juga mengalami kenaikan sebanyak 68 persen atau 483.213 (empat ratus delapan puluh tiga ribu dua ratus tiga belas) lembar.

Baca Juga :  Wabup Pemalang Buka Expo Produk UMKM Nahdliyin Se-Kecamatan Comal

Terkait itu, Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun guna menciptakan kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang hari raya idul fitri 1444 H dengan mengedepankan giat preentif 40 persen dan preventif 40 persen serta didukung giat penegakkan hukum 20 persen melalui e-tle (electronic traffic law enforcement) statis dan mobile.

Masih dalam isi sambutannya, Kapolda menerangkan bahwa personil yang dilibatkan sebanyak 3.331 dari seluruh jajaran Polda Jawa Tengah yang didukung dari kekuatan personil TNI, Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya.

Kapolda berharap, dengan dilaksanakan operasi keselamatan lalu lintas dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya Kapolres menyampaikan, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 dilaksanakan selama 14 hari dimulai tanggal 7 sampai dengan 20 Februari 2023. Selain untuk mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas, operasi tersebut dilaksanakan untuk mengajak masyarakat sadar berlalu lintas.

” Ayo sama-sama sukseskan operasi lalu lintas Candi 2023 ini dan tertib berlalu lintas serta ciptakan keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kabupaten Pemalang,” ajak Kapolres.

Dalam apel tersebut dilakukan penyematan pita oleh Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya kepada perwakilan pasukan yang terdiri dari TNI, Polri dan Dishub Kabupaten Pemalang.

Sumber: pemalangkab.go.id