Scroll ke Atas
Pendidikan

Upaya Melahirkan Atlet Profesional SMPN 02 Brebes Membuka KKO

75
×

Upaya Melahirkan Atlet Profesional SMPN 02 Brebes Membuka KKO

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Mencetak atlet profesional, tak semudah membalikan telapak tangan. Untuk itu perlu digali dan dilakukan upaya pembinaan sejak usia dini. Sehingga bakat dan minat mereka bisa terarah sesuai dengan harapan mereka menjadi atlet yang profesional pada bidangnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, SMP Negeri 02 Brebes membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO). 
Kepala SMPN 02 Brebes Mokh Idi Fitriyadi SPd MM mengatakan KKO adalah kelas yang dibuat untuk peserta didik yang memiliki potensi istimewa olahraga dalam satuan pendidikan reguler, terang Idi di ruang kerjanya, Selasa (28/2/2023). 
Idi, menerangkan dibukanya KKO sebagai wadah pembinaan olahragawan pelajar yang potensial untuk prestasi hingga ke tingkat nasional maupun internasional. Membina olahragawan yang memiliki dedikasi tinggi untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Membina prestasi akademik olahragawan pelajar guna mendukung jaminan masa depan.
“Berlandaskan kebijakan tersebut maka siswa yang mempunyai potensi dalam kegiatan olahraga berkesempatan untuk mengembangkan bakat olahraganya di SMP N 2 Brebes,” ujarnya
Lanjut Idi namun demikian, melalui program KKO tetap berpegang teguh pada tujuan pembelajaran sekolah dan tetap mengutamakan kegiatan akademis sekolah. Dan siswa yang masuk kelas khusus olahraga juga dapat disebut sebagai siswa atlet. 
KKO pada dasarnya sama dengan kelas reguler, hanya saja jalur masuknya yang berbeda karena dibuka sebagai bentuk kebijakan sekolah untuk memfasilitasi dan mendidik siswa yang berpotensi dalam bidang olahraga. 
“Cara ini, sebagai upaya memaksimalkan prestasinya dengan tidak mengabaikan atau menomorduakan prestasi akademis,” tuturnya.
Idi menambahkan KKO SMP N 02 Brebes diinisiasi sejak 2020 dengan mendasari SK Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) nomor 314 tahun 2020. SMP N 02 Brebes membuka KKO sejak 2020/2021 sebanyak 32 siswa, dan 2021/2022 juga 32 siswa. 
“Untuk tahun pelajaran 2022/2023 juga membuka kelas baru KKO untuk 32 siswa terbuka untuk umum dari berbagai daerah. Pendaftaran mulai 3-8 April 2023 ,” ucapnya.
Untuk pengembangan minat dan bakat, dikembangkan KKO untuk cabang Panahan, Gulat, Renang, Atletik, Bola Basket, Taekwondo, Karate, Pencak Silat dan Bulutangkis. Dari KKO, pada Popda tingkat Kabupaten Brebes, SMP N 2 Brebes berhasil menjadi juara umum dengan 37 emas dari berbagai cabang olahraga.
Sementara pelatih KKO diambil dari pelatih cabang olahraga yang telah bersertifikat. Sedangkan berlatih menggunakan venue olahraga di Stadion Karang Birahi, GOR Sasana Krida Adhikarsa Brebes dan lapangan olahraga SMP N 2 Brebes.
“Kami telah membangun lapangan olahraga multiguna yang bisa digunakan untuk latihan setiap hari, baik fisik maupun teknik,” pungkasnya. (imam)

Baca Juga :  Ta’mir Masjid at-Taqwa Mrebet Kabupaten Purbalingga Hadirkan Pengasuh Ponpes Modern MBS Bumiayu Menjadi Penceramah Kajian Ba’da Witir