Scroll ke Atas
Berita Utama

Akibat Diguyur Hujan Deras Beberapa Tebing Desa Banjarsari Bantarkawung Longsor Menimpa Rumah Milik Warga

55
×

Akibat Diguyur Hujan Deras Beberapa Tebing Desa Banjarsari Bantarkawung Longsor Menimpa Rumah Milik Warga

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Akibat turun hujan deras dengan intensitas tinggi dari siang hingga malam di wilayah Desa Banjarsari, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes terjadi bencana tanah (Bencal) tanah longsor di beberapa tebing di antaranya tebing di sekitar pemukiman warga Dukuh Cigunung dan Pewangunan desa setempat,  Sabtu (25/3/2023) sore.
Kepala Desa (Kades) Banjarsari H. Armas menerangkan terjadinya kelongsoran di desanya berawal diguyur hujan deras dari siang sekitar pukul 14.00 WIB hingga 19.00 WIB dan longsor terjadi di wilayahnya terdapat di beberapa lokasi tebing di antaranya tebing samping rumah warga, tebing jalan tanjakan Kasep, Tebing Cigirang. Tebing sawah hilir, tebing jalan tikungan dan jalan gang pemukiman warga RT. 03/06. Kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa bebernya.
“Untuk membantu penanganan sementara pihak Pemdes mengerahkan masyarakatnya untuk bergotong-royong membersihkan longsoranya,” kata H. Armas.
Armas juga menyampaikan himbauan kepada warga yang berada di sekitar tebing agar tetap waspada.
Sementara Camat Bantarkawung Slamet Budi Raharjo melalui Kasie Trantibum Suranto menjelaskan, peristiwa Bencal ini mengakibatkan beberapa rumah milik warga rusak berat dan ringan di antaranya salah satu rumah warga tidak dapat lagi dihuni akibat rusak berat tertimbun tanah longsoran tebing
“Selain bencal longsor yang menimpa pemukiman warga juga akses jalan dan lahan pertanian warga ikut tertimbun longsoran,” ujarnya.
Lanjut Suranto, dengan laporan Pemdes Banjarsari terkait Bencal tersebut akan ditindaklanjuti pihak kecamatan ke Pemkab Brebes agar segera mendapatkan penanganannya.(imam)

Baca Juga :  Pemkab Pemalang Siapkan Diri Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023