Scroll ke Atas
Berita Utama

KPRI Pelita Comal Dinyatakan Sehat dan Alami Peningkatan

76
×

KPRI Pelita Comal Dinyatakan Sehat dan Alami Peningkatan

Sebarkan artikel ini


EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG
– Dari segi keuangan, KPRI Pelita Comal dinyatakan sehat. Bahkan lebih cenderung mengalami peningkatan.

Demikian disampaikan Rustono, S.Pd selaku Penasehat KPRI Pelita Comal saat memberikan sambutan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Pelita Comal Tutup Buku Tahun 2022 di SDN Purwoharjo 02 Kecamatan Comal, Sabtu (11 Maret 2023).

Rustono mengatakan bahwa antara perencanaan dan realisasi, KPRI Pelita Comal mengalami peningkatan realisasi di tahun 2022. Ini semua, kata dia, bukan karena pengurus, melainkan karena aktifnya anggota untuk memanfaatkan koperasi tersebut.

Ia pun berujar bahwa KPRI Pelita Comal siap memberikan pinjaman kepada para anggota dengan melalui proses yang mudah. Anggota dapat mengajukan pinjaman dengan nominal yang dibutuhkan.


“Kalau di KPRI cukup menemui bendahara untuk mendapatkan acc lalu bisa langsung dicairkan,” terangnya.

Rustono berharap para anggota KPRI Pelita Comal bisa memanfaatkan koperasi sebaik mungkin. Koperasi tidak akan berjalan jika dari anggotanya tidak ada yang melakukan pinjaman.

“Jika uang hanya disimpan di (bank) BPD, bunganya kecil, tidak bisa menghasilkan SHU yang banyak,” ungkapnya.

Kepada pengurus KPRI Pelita Comal, Rustono juga berpesan agar di koperasi ini ada usaha-usaha lainnya. Seperti buka usaha toko atau lainnya yang sekiranya dapat menghasilkan. Dengan begitu, nantinya koperasi tidak hanya mengandalkan satu usaha saja yaitu simpan pinjam.

Adapun terkait adanya laporan dari pengurus soal banyaknya kepala sekolah yang keluar dari keanggotaan Koperasi Pelita Comal, Rustono mengaku sangat prihatin. Dirinya lantas menanyakan alasan mereka keluar dari keanggotaan.

“Tolonglah kepala sekolah ojo marahi (jangan memulai) guru-guru lainnya (keluar dari keanggotaan koperasi). Kita harus punya hati. Kita harus punya perasaan. Ini koperasinya, koperasi guru. Lah kalau kita tidak ikut, siapa yang mau mengembangkan koperasi itu,” tukasnya.

Hadir dalam acara RAT KPRI Pelita Comal Tutup Buku Tahun 2022, diantaranya Perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Pemalang, Ketua PKPRI Kabupaten Pemalang dan Ketua Prikopimda Kabupaten Pemalang.

Kemudian Ketua Koperasi dari KPRI Kecamatan Ampelgading, Bodeh dan Ulujami dan segenap pengurus, pengawas serta anggota KPRI Pelita Comal.*

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Kapolres Brebes Berikan Informasi Terkini Terkait Kondisi Pembunuh Anak Kandung di Tonjong