Scroll ke Atas
Berita Utama

Reiza Maulana, Musisi Pedatang Baru Dibalik Lagu Ryoleta, Caessaria, Hingga Anji

71
×

Reiza Maulana, Musisi Pedatang Baru Dibalik Lagu Ryoleta, Caessaria, Hingga Anji

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – Belantika musik Indonesia kali ini kehadiran musisi pendatang baru, Reiza Maulana atau dikenal dengan nama “Reiza” di kanal platform streaming musiknya. Reiza sendiri merupakan penggubah, penata, dan pengarah musik dibalik karya Caessaria, Geisha, Anji, dan album kolaborasinya sendiri yang hangat didengarkan saat ini, yaitu “Muara Waktu” bersama Ryoleta.
Musisi asal Tangerang ini memulai karirnya sebagai musisi profesional di tahun 2017 sebagai penggubah musik tema di Serial Web “Gini-Gini Aja The Series” di kanal Youtube milik 4.20 Society yang bekerja sama dengan Fourtwnty. Reiza juga membuat musik pembuka di setiap panggung Fourtwnty di tahun 2017-2018.
Di tahun 2020, Ia bergabung dengan Band Caessaria di bawah naungan Musica Studio’s sebagai kibordis dan pengarah musik di balik layar. Band yang digawangi oleh Arin Caessaria, Supernova, dan Roby Satria ini telah merilis mini album “Halfstoria”. Lewat lagu “Little Old Man” dari Caessaria yang turut menghadirkan Ariel Noah, Kita mendengarkan notasi piano dan nuansa epik yang merupakan ciri khas dari pemilik akun instagram @reizamaulana_ ini. Lalu sentuhan lainnya bisa didengarkan lewat karya Caessaria yang lain, yakni “Infeksi”, “Seperti Babi”, “Gelap Mata” (Berkolaborasi dengan Astrid Basjar), dan Pemilik Hati. Jika ditelisik lebih dalam, sentuhan nuansa ambience yang lebar dan piano yang manis di setiap lagu Caessaria ini, mengingatkan kita akan nuansa-nuansa sound yang diproduksi oleh Coldplay, U2, Kodaline, dan Bon Iver.
“Bagiku, musik ambience itu bisa membuat siapapun yang mendengarkannya menjadi berimajinasi. Aku ingin membuat lagu yang orang ketika mendengarkannya seperti menonton film. Ada alur cerita yang tergambar di imajinasi mereka. Kebetulan aku memang mendengarkan Coldplay dari awal mereka rilis sampai sekarang. Dan musik mereka banyak mempengaruhi gaya bermusikku.” Ungkap Reiza.
Pada 20 Maret 2023, Reiza merilis mini album “Muara Waktu” bersama dengan Ryoleta, Santri Kelas Akhir Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza. Album yang sejatinya merupakan karya kelulusan sekolah ini, mendapat respon positif dan menjadi karya yang hangat dibicarakan di media sosial. Lagu yang menjadi hits di album ini adalah “Muara Waktu, “Titik balik”, dan “Selaras”.
Kemudian pada 31 Maret 2023, bersama SulukTidur, band indie asal Bekasi merilis album “Frasa Realita”. Walaupun cenderung penuh akan distorsi keras dan dentuman drum yang kencang, tapi nuansa permainan ambience miliknya tetap terasa lebar, terlebih lagi di lagu “Pelik” milik SulukTidur ini. Orkestralisasi dan nuansa yang syahdu mengikat lagu tersebut dengan indah.
Bersama dengan Supernova, Reiza juga bekerja sama sebagai arranger/penata musik untuk beberapa artis ternama di Indonesia, seperti Anji, Aurelia Syaharani (adik Tiara Andini), dan Mitty Zasia. hasil sentuhan tangannya bisa didengarkan lewat lagu-lagu Anji (Disiksa Rindu, Bukan Kekasih Sempurna, Sampai Mati), Aurelia Syaharani (You Are The Reason), Geisha (Ku Katakan Dengan Indah) dan Mitty Zasia (Kita Sama-Sama Berubah). Yang paling baru ia juga mengerjakan lagu dari Thariq Halilintar, diproduseri oleh Anji dan Supernova, dan akan dirilis dalam waktu dekat ini.
Untuk Album Muara Waktu oleh Reiza dan Ryoleta bisa didengarkan di tautan link ini: https://open.spotify.com/album/6v257il9u6mN3vBkUtzHIU?si=PRx4y-oaS8aEo7N4x-7bwQ 
**

Baca Juga :  Polres Pekalongan Selalu Hadir di Tengah Masyarakat, Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif