Scroll ke Atas
Berita Utama

Terjun Langsung Ke Sawah, Plt. Bupati Pemalang Lakukan Panen Padi Nusantara

82
×

Terjun Langsung Ke Sawah, Plt. Bupati Pemalang Lakukan Panen Padi Nusantara

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Dengan menaiki Combine Harvester ( kendaraan pemanen padi ) Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama istri terjun langsung melakukan panen perdana, Panen Raya Padi Nusantara di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Sabtu (11/3/2023). 
 
” Kegiatan panen raya tersebut bertujuan untuk mendukung Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan sebelumnya, pada 9 Maret 2023, kegiatan panen raya dimulai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” kata Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat.
Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat juga menyampaikan sa’at ini Kabupaten Pemalang menjadi salah satu Kabupaten penopang padi ketahanan pangan di Indonesia.
Terkait dengan sistem tanam padi Mansur Hidayat memberikan support kepada para petani di Kabupaten Pemalang agar tetap semangat. ” Kepada warga masyarakat Kabupaten Pemalang saya berharap semakin semangat menanam padi dengan adanya teknologi-teknologi mekanik untuk membantu dalam hal penanaman, panen dan penyemaiannya,” pungkasnya.
Sementara itu dalam sambutannya Wahida Annisa Yusuf, selaku Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian Kementan RI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada hari ini Sabtu 11 Maret 2023 dilaksanakan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektar dilaksanakan oleh Presiden Jokowi di Kabupaten Ngawi.
“Kegiatan panen padi nusantara ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Pemalang, akan tetapi secara serentak dilakukan di 66 Kabupaten di seluruh Indonesia,” ungkapnya.
Terkait dengan hasil panen di Kabupaten Pemalang pada kesempatan itu, Plt. Dispertan Kabupaten Pemalang Tutuko Raharjo menyampaikan di Bulan Januari tahun 2023 capaian luas panen berdasarkan Kerangka Sampel Area ( KSA) yaitu 3700 ha produksi padinya mencapai 18.828 ton gabah kering giling ( GKG ). Sedangkan, pada Bulan Februari dengan luasan panen mencapai 2500 hektar dengan produksi padi 12.774 ton gabah kering giling.
Dalam kesempatan tersebut Tutuko Raharjo juga menjelaskan untuk Bulan Maret sampai April akan memasuki puncak panen raya dengan angka potensi Bulan Maret 2023 luas panen 17.715 hektar dengan produksi GKG seberat 89.752 ton dan bulan April 2023 dengan luas panen 7.430 hektar dengan angka produksi 37.642 ton GKG.
Hadir dalam Kegiatan Panen Panen Padi Nusantara tersebut Wahida Annisa Y selaku Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian Kementan RI. beberapa Kepala OPD Terkait di Kabupaten Pemalang: Rombongan dari Ditjen Holtikultura Kementan RI. Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Kepala BPS Kabupaten Pemalang, Forkopimcam Kecamatan Taman, Simongklang Kecamatan Taman, Kades Penggarit dan perangkatnya, Koordinator PPL dan Petugas POPT Kab. Pemalang dan Kelompok Tani Desa Penggarit.( Joko Longkeyang )

Baca Juga :  Danlantamal IX Pimpin Sertijab Dandenma dan Kadisfaslan Lantamal IX Ambon