Scroll ke Atas
Berita Utama

Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Desa Kendalrejo Dilakukan Pembinaan dan Verifikasi Data

85
×

Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Desa Kendalrejo Dilakukan Pembinaan dan Verifikasi Data

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pemalang melakukan kegiatan pembinaan dan verifikasi data pelaksanaan 10 program pokok PKK, TP PKK Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan, Senin (8 Mei 2023).

Diwawancarai seusai kegiatan, Kepala Desa Kendalrejo, Titik Iswati, mengatakan kegiatan pembinaan dan verifikasi data dilakukan terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK Desa Kendalrejo. Diantaranya pembinaan dan verifikasi data pelaksanaan tata administrasi TP PKK dan pengurus Pokja Desa Kendalrejo.

“Terus dikegiatan lapangan, seperti di bidang kesehatan juga dari Posyandu, ada Pospindu, Posyandu Lansia, Posyandu Balita serta PKD,” terangnya.

Kegiatan pembinaan dan verifikasi data ini, lanjut dia, juga dilakukan terhadap contoh rumah sehat yang didalamnya sekaligus menjadi lokasi penetapan kegiatan PHBS. Disekitar rumah tersebut juga ditanami berbagai jenis tanaman, seperti tanaman toga, buah-buahan, sayuran, dan tanaman hias.

Selain itu, tim pembinaan dan verifikasi data dari TP PKK Kabupaten ini juga melakukan tinjauan pada kegiatan pengajian di salah satu mushola desa setempat. Termasuk melakukan tinjauan terhadap gang yang dijadikan sebagai contoh gang yang bersih dan sehat.

“Untuk inovasi yaitu lingkungan asri,” ujarnya.

Titik menuturkan dengan adanya kegiatan pembinaan dan verifikasi data pelaksanaan 10 program pokok PKK di Desa Kendalrejo ini, pihaknya berharap dapat meningkatkan kinerja TP PKK dan warga masyarakat Desa Kendalrejo untuk lebih bangkit lagi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di dalam program pokok PKK.

Sementara itu dari pantauan di lokasi kegiatan yang dipusatkan di aula Balai Desa Kendalrejo, terdapat pula bazar UMKM produk makanan olahan dari warga desa setempat. Adapun produk makanan olahan itu antara lain jamu gendong, tahu tempe dan dawet.

Dalam kegiatan ini, diserahkan pula sejumlah bantuan dari TP PKK Kabupaten Pemalang. Diantaranya bantuan konsumsi yang secara simbolis diberikan kepada Ibu Casmuti selaku Ketua TP PKK Desa Kendalrejo.

Kemudian bantuan alat permainan edukatif (APE) yang secara simbolis diberikan kepada Ibu Yanti selaku Kepala TK Muslimat Desa Kendalrejo.

Lalu bantuan tempat sampah pilah dan bibit tanaman yang secara simbolis diserahkan kepada Ibu Turahmi selaku pengurus Pokja 4. Dan bantuan bibit tanaman dan bibit tanaman obat keluarga (toga) yang secara simbolis diterimakan oleh Ibu Susmiharti selaku ketua Pokja 3.(*)

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Haus, Yuuk Minum Air Mineral Ajib Pol