Scroll ke Atas
DaerahPemalang

Kwarcab Tegal Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Kwarcab Pemalang

76
×

Kwarcab Tegal Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Kwarcab Pemalang

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Kasat Binmas Polres Tegal Iptu Bambang Suwidagdo menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Tahun 2023 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah kepada Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat selaku Ketua Mabicab Pemalang di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari (perbatasan Kabupaten Pemalang dan Tegal), Minggu (27/8).

Serah terima tersebut dilakukan dalam prosesi upacara timbang terima antara Pasukan Pembawa Estafet Tunas Kelapa Kwarcab Tegal kepada pasukan penerus Kwarcab Pemalang.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara serah terima Estafet Tunas Kelapa oleh Mabicab yang disaksikan oleh Juri Kwarda.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam amanatnya yang dibacakan Plt
Bupati Pemalang Mansur Hidayat selaku Mabicab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pemalang mengemukakan empat pesan kepada Estafet Tunas Kelapa (ETK) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Baca Juga :  Hasil Galang Dana PMI Lampaui Target, Plt Bupati Pemalang Bangga

Yang pertama, dari Bapak Pandu Dunia Robert Baden-Powell, Tuhan telah mengaruniakan dunia tempat kita hidup penuh dengan keindahan dan keajaiban yang telah memberikan kepada kita, tidak hanya mata untuk melihat keindahan dan keajaiban tersebut tetapi juga akal untuk memahaminya.

“Kedua, pelajarilah perubahan dan ubahlah masa dengan cara mengaktifkan dirimu dalam kebaikan dan ketulusan,” ucapnya.
Ketiga, cintailah negerimu, tanah airmu sebagaimana engkau mencintai orang tua, saudara dan kekasihmu, keselarasan dalam hal tersebut akan membantu memahami dunia dan seisinya di masa kini dan mendatang.

Empat, mari berusaha menempatkan diri sesuai kedudukan masing-masing untuk memberikan pelayanan prima dan setulus-tulusnya kepada sesama, masyarakat, bangsa dan ibu pertiwi melalui gerakan pramuka.

Baca Juga :  Imam Subiyanto,S.H.,M.H., Batal Ndaftar Bacalon Bupati Pemalang Lewat PDIP, Loh Kenapa?

Dijelaskan bahwa ETK Gerakan Pramuka diminta untuk melihat pesan Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 7 Agustus 1963 yaitu berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan pramuka.

Kamabida berharap, dengan berlandaskan Pancasila Undang-Undang Dasar 1945 Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia semoga tema hari pramuka tahun 2023 yaitu dengan peringatan ke 62 hari pramuka bisa mewujudkan sumber daya manusia yang profesional.

“Tema hari pramuka dengan peringatan ke 62 bisa wujudkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan.” Pungkasnya.

Di akhir acara, dilakukan pemberangkatan 61 pasukan ETK yang terdiri dari barisan 14, 9 dan 3 oleh Mabicab yang ditandai dengan pengibaran bendera morse menuju Wanawisata Bale Gandrung, Desa Gambuhan untuk dilakukan penyemayaman kecil pasukan (penyimpanan alat dan perlengkapan.