Scroll ke Atas
Berita Utama

Mahasiswa Undip Berikan Penyuluhan Peternakan Ayam untuk Masyarakat Desa Pasir

101
×

Mahasiswa Undip Berikan Penyuluhan Peternakan Ayam untuk Masyarakat Desa Pasir

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Ananggadipa Andaru Adi, seorang mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan Pertanian, Program Studi Peternakan, Universitas Diponegoro, tengah menjalankan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pasir, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah memberikan edukasi mengenai pengaplikasian serta pemberian multivitamin guna meningkatkan pertumbuhan dan daya tahan tubuh bagi ternak ayam pejantan afkir.
“Kami terjun langsung ke rumah warga dan melibatkan partisipasi aktif dari warga Desa Pasir dari 20 warga pemilik ternak ayam pejantan afkir karena kami menyadari potensi yang dimiliki warga dalam memelihara ayam pejantan afkir di belakang rumah-rumah mereka,” ungkap Ananggadipa Andaru Adi.
Disampaikan olehnya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan bersama Sekretaris Desa, ternyata sekitar 20 warga setempat memiliki ternak ayam pejantan afkir. Sayangnya, masih terdapat kurangnya pemahaman mengenai manajemen pemeliharaan yang baik, khususnya dalam hal pengaplikasian dan pemberian multivitamin pada ternak ayam. 
” Untuk mengatasi masalah ini kami mengambil langkah nyata dengan memberikan penyuluhan dan edukasi secara langsung kepada warga pad Selasa, 1 Agustus 2023, kegiatan penyuluhan dilakukan di Dukuh Kaliletak kami lakukan secara door-to-door mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan panduan praktis dalam memelihara ayam pejantan afkir dengan lebih baik. Penekanan utama dalam penyuluhan ini adalah penggunaan multivitamin yang tepat guna untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh ayam,” pungkasnya.
Terkait kegiatan tersebut, Kepala Desa Pasir Dimul Susanto mengharapkan bahwa, kegiatan penyuluhan ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Desa Pasir dalam mengembangkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam peternakan ayam pejantan afkir.
Langkah Ananggadipa Andaru Adi dalam menghubungkan teori dengan praktik di lapangan menjadi langkah positif dalam mendukung pengembangan pertanian dan peternakan lokal ,” kata Kades Pasir. (Joko Longkeyang)

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Pekalongan Berikan Bantuan kepada Keluarga Korban Tertimpa Pohon