Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
DaerahKesehatan

Edukasi Memilih Makanan Sehat dan Bergizi di Non Fisik TMMD Reguler Brebes

×

Edukasi Memilih Makanan Sehat dan Bergizi di Non Fisik TMMD Reguler Brebes

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes memberikan edukasi kepada ibu-ibu Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog di balai desa setempat, tentang pemilihan makanan bagi balita, makanan tambahan balita, dan gizi seimbang, Rabu (4/10/2023).

Dipaparkan pemateri Ambar Yasmin A.Md.Gz, petugas penyuluh lapangan Dinkes Brebes, bahwa gizi balita yang baik sangat penting dalam mencegah stunting.

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

“Pola makan sehat dengan gizi yang seimbang harus dibiasakan oleh orang tua agar nantinya anak meniru pola makan tersebut. Itu semua demi kesehatan dan kecerdasan anak untuk menjamin masa depannya,” tegasnya.

Selanjutnya adalah prinsip sanitasi makanan dan higiene, termasuk higiene peralatan masak yang tidak terlapisi bahan kimia.

Baca Juga :  Terus Kebut, Satgas TMMD bantengan Optimis Selesai Tepat Waktu

“Pengolahan makanan harus memperhatikan kaidah cara pengolahannya, baik itu dengan cara merebus, mengukus, mengetim, dan menggoreng, agar kandungan gizinya tidak hilang,” sambungnya.

Ambar menambahkan, untuk memancing nafsu makan ada beberapa tips dalam penyajian makanan yaitu warna harus menarik, perkuat tekstur dan bentuk untuk mempercantik tampilan, perpaduan antara rasa dan bau harus menyengat, disajikan dalam bentuk kental, tambahan garnish/hiasan.

“Dalam menyusun menu makan juga perlu diperhatikan nilai gizinya, kemudian bugjet yang tersedia, mudah dimasak, dan tentunya dapat diterima oleh anggota keluarga,” pungkasnya.*