Scroll ke Atas
Berita Utama

Heterogenitas Sumber Kekuatan Dalam Memajukan Bangsa

117
×

Heterogenitas Sumber Kekuatan Dalam Memajukan Bangsa

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Heterogenitas menjadi sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Warna-warni yang menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya membuat keindahan sekaligus kekuatan yang tidak bisa terpatahkan.

Untuk itu, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia untuk mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi juga telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” kata Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam teks yang dibacakan oleh Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tingkat Kabupaten Brebes tahun 2023 di Lapangan Tenis Komplek Gedung Olah Raga Brebes, Sabtu (28/10).

Menpora mengatakan, posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

Baca Juga :  Forum Relawan Destana di 16 Desa se Kecamatan Bantarkawung Dikukuhkan

Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi.

Kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan.

“Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” harap Menteri.

Baca Juga :  Wabup Tutup Kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijriyahdi Masjid At-Taqwa Paninggaran

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan Kepemudaan kepada Ketua PC IPNU Brebes Lukman Aji sebagai peserta Pendidikan kepemimpinan muda nasional angkatan IV tahun 2023 dan Diklat Lemhanas RI serta Diklat Komisi Pemberantasan Korupsi.

Penghargaan juga diberikan kepada Nike Aditya Putri dan Fatih Rijalul Haq yang mewakili Jawa Tengah dalam pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi tingkat nasional di Kemenpora RI tahun 2023.

Kemudian, penghargaan diberikan kepada Aipda Destian Ady Prayogo SH sebagai pendiri rumah literasi taman membaca Bhayangkara, pembina Gerakan Pramuka Perduli Kwarcab Brebes dan secara konsisten mengedukasi pelajar di kabupaten Brebes dalam hal tertib lalu lintas dan anti kekerasan bullying.

Turut hadir mengikuti upacara, Jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, para kepala OPD, tokoh kepemudaan serta pelajar di Kabupaten Brebes. (Dun/Yan)