Scroll ke Atas
Berita UtamaNasional

Perkuat Kompetensi Wartawan, PWI Jateng Kembali Bersinergi dengan SKK Migas Jabanusa Gelar UKW

65
×

Perkuat Kompetensi Wartawan, PWI Jateng Kembali Bersinergi dengan SKK Migas Jabanusa Gelar UKW

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, SEMARANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah kembali bersinergi dengan SKK Migas Jabanusa melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dalam upaya memperkuat kapasitas dan kompetensi wartawan di Jateng.

UKW direncanakan berlangsung selama dua hari tanggal 23-24 November 2022 di salah satu hotel di Kota Semarang. UKW kali ini adalah kali keempat yang digelar PWI Jateng bekerja sama dengan SKK Migas Jabanusa.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas Jabanusa yang selama ini getol memberikan support kepada PWI Jateng dalam program uji kompetisi untuk mencetak SDM wartawan yang bermartabat dan profesional.

Menurut dia, UKW merupakan sarana meningkatkan bekal mereka dalam menyikapi dan menghadapi tantangan dalam menjalani profesinya. Dia ingin output dari kegiatan tersebut, menciptakan dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

Baca Juga :  Untuk Memberikan Informasi Akurat Terkait Pemilu 2024, Bawaslu dan PWI Brebes Jalin Sinergitas

”Saat sebuah profesionalisme makin jadi tuntutan, maka upaya-upaya peningkatan kemampuan diri, harus masif dilakukan. UKW akan melahirkan wartawan yang teruji dan patuh kode etika dan UU Pers,” katanya usai memimpin Rapat Panitia UKW dan HPN di Gedung Pers Jateng, Semarang, Senin 16 Oktober 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua PWI Bidang Pendidikan Solikun, Wakil Ketua PWI Bidang Kesra Bakti Yudatama, Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, Ketua Badan Khusus UKW PWI Jateng R Widiyartono, dan sejumlah pengurus.

UKW yang digelar PWI dan SKK Migas diikuti 24 wartawan dengan mengujikan kategori Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama. Peserta berasal dari Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Pemalang, Brebes, Rembang, Jepara, dan Banjarnegara.

Baca Juga :  Dewan Pers Berkolaborasi Dengan Solopos dan UPN Gelar UKW di Purwokerto

 

Peringatan HPN

 

Ditambahkan Amir, selain mematangkan persiapan UKW, PWI juga sudah ancang-ancang mengagendakan acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

Mengingat kegiatan HPN sudah masuk pada tahun politik, maka rangkaian acara menyesuaiakan dengan tema-tema yang berkaitan dengan Pesta Demokrasi yaitu seputar Pilpres, Pileg, dan Pemilukada.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN 2024 Bakti Yudatama menjelaskan, kegiatan HPN yang digelar antara lain Dialog 5 Rektor di USM dengan mengangkat tajuk ”Memilih Pemimpin dengan Bertanggung jawab”, dan bazar UMKM.

Selain itu, kata Yuda, ada sejumlah agenda yang sudah merupakan tradisi yang selalu dilakukan setiap memperingati HPN yaitu Khataman Alquran Ashabul Kahfi, ziarah kubur ke makam wartawan senior, dan tasyakuran HPN di Gedung Pers.**