Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Gelar Rapat Pleno Terbuka, PPK Petarukan Bertujuan Memastikan Transparansi Dan Akurasi Dalam Rekapitulasi Pemilu 2024

27
×

Gelar Rapat Pleno Terbuka, PPK Petarukan Bertujuan Memastikan Transparansi Dan Akurasi Dalam Rekapitulasi Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Selasa 20 Februari 2024, Panitia Pemungutan Suara ( PPK ) Petarukan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggelar rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten di halaman Kecamatan Petarukan.

” Rapat pleno terbuka ini dilakukan dengan menggunakan sistem rekapitulasi (sirekap) yang memungkinkan perhitungan suara dilakukan secara terbuka,” kata Tarsahid ketika diwawancarai di sela-sela sela perhitungan suara.

Masih kata ketua PPK Petarukan, Proses rekapitulasi dimulai dengan perhitungan perolehan suara presiden dan wakil presiden di seluruh TPS desa dalam Kecamatan Petarukan menggunakan sistem sirekap.
Setelah itu, akan dilakukan perhitungan suara untuk DPD, DPR RI, DPR provinsi, dan DPRD kabupaten Pemalang dengan metode yang sama.

” Selama proses perhitungan, rapat ini diawasi oleh panitia pengawas kecamatan (panwascam) Petarukan dan disaksikan oleh saksi partai peserta pemilu yang memiliki mandat. Meskipun rapat pleno terbuka ini memungkinkan partisipasi masyarakat untuk melihat dan mengikuti perhitungan suara, mereka tidak diperkenankan masuk ke panel,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara Ke 76 Polres Brebes Gencar Gelar Vaksinasi Massal dan Pengobatan Gratis

Hingga saat ini, perhitungan suara berjalan dengan lancar tanpa adanya keberatan dari saksi yang hadir maupun dari panwascam.
” Kami berharap bahwa kondisi ini dapat dipertahankan hingga selesai,” pungkasnya.

Pembukaan rapat pleno dihadiri oleh Forkompimcam Petarukan, hadir secara pribadi Camat Petarukan, Kapolsek, dan Danramil. Selain itu, hadir juga panitia pemungutan suara (PPS) se-Kecamatan Petarukan dan saksi dari partai peserta pemilu 2024 juga turut hadir dalam rapat tersebut dan panwascam Petarukan.

Rapat pleno terbuka ini bertujuan untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam rekapitulasi pemilihan di Kecamatan Petarukan. Semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut diberikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama mereka yang tak bisa disebutkan satu persatu.