Scroll ke Atas
DaerahHikmahPemalang

Dengan Berbagi Sembako, SD Negeri 02 Jatirejo Berbagi Kebahagiaan Di Bulan Ramadhan 

709
×

Dengan Berbagi Sembako, SD Negeri 02 Jatirejo Berbagi Kebahagiaan Di Bulan Ramadhan 

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Melalui kegiatan berbagi sembako, SD Negeri 02 Jatirejo di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berusaha mengajarkan kepada siswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Diwawancarai di kantornya, Kamis (21/03/2024 ) Kepala Sekolah, Siti Sukaptin S.Pd., menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun selama bulan Ramadhan.
” Dalam upaya berbagi, jumlah paket sembako yang dibagikan semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan tahun 2024 menjadi tahun di mana hampir 100 paket sembako berhasil didistribusikan kepada warga yang membutuhkan seperti wali murid, keluarga kurang mampu di sekitar sekolah, tukang parkir, dan guru-guru yang secara rutin mengamati kondisi masyarakat di jalan,” kata Siti Sukaptin.

Paket sembako tersebut berisi berbagai kebutuhan, seperti : teh, kopi, minyak, gula, dan kecap, yang diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Siti Sukaptin S.Pd. juga menyebutkan bahwa kegiatan sunatan masal juga menjadi bagian dari keluarga besar sekolah, di mana kerjasama dan kedekatan antara siswa, guru, dan orang tua siswa turut menjadi nilai utama dalam kegiatan ini.

Baca Juga :  Lantik 81 Pejabat, Bupati Pemalang Berpesan ,” Tunjukkan Dedikasi Dan Akhlak Yang Baik,”

Siti Sukaptin S.Pd. menambahkan bahwa dukungan dari para donatur, terutama yang berasal dari warga Kabupaten Pemalang yang bekerja di perantauan, sangat mendorong kelangsungan kegiatan berbagi sembako ini.
” Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan, karena memberikan pengajaran berharga kepada siswa untuk selalu peduli terhadap lingkungan sekitar dan menghargai apa yang dimiliki, serta tidak merendahkan orang lain yang berada dalam kondisi ekonomi yang lebih rendah ,” imbuh Kasek SD N02 Jatirejo.

Dimintai pendapatnya, pengawas TK/SD Kecamatan Ampelgading, Wasmu S.Pd., memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan berbagi sembako ini. Beliau bahkan turut serta dalam mengantarkan sembako ke pantai asuhan yatim piatu di Desa Jatirejo. Wasmu menilai bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dalam memupuk nilai-nilai kemanusiaan, seperti kepedulian terhadap lingkungan, rasa tenggang rasa, memperkuat persatuan, persaudaraan, dan persahabatan. Kegiatan ini juga memberikan contoh yang baik kepada siswa, serta menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa dan warga lingkungan yang kurang mampu. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi guru dan siswa untuk lebih memperhatikan masyarakat yang membutuhkan serta menanamkan jiwa sosial yang semakin luntur di era modern ini.

Baca Juga :  Tidak Akan Buka Penjaringan, PPP Pemalang Mantap Usung Incumben H. Mansur Hidayat Untuk Pilkada 2024

Ditambahkan oleh Wasmu S.Pd. bahwa kegiatan berbagi sembako yang dilakukan oleh SD Negeri 02 Jatirejo pantas dijadikan contoh oleh sekolah-sekolah lainnya. Kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama merupakan poin penting dalam pelaksanaan kegiatan ini, di mana melalui sedekah, perhatian terhadap warga yang kurang mampu dapat tumbuh dan menjadi tanggung jawab bersama.

Dengan upaya ini, diharapkan bahwa siswa-siswa SD Negeri 02 Jatirejo dapat menjadi pribadi yang peduli dan responsif terhadap lingkungan, serta memiliki sifat kegotongroyongan dan kekeluargaan. Semoga kegiatan ini bisa terus memotivasi sekolah dan masyarakat sekitar untuk selalu membantu mereka yang membutuhkan.( Joko Longkeyang)