Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Beredar Vidio Kemunculan Harimau Jawa di Gunung Lio Salem

152
×

Beredar Vidio Kemunculan Harimau Jawa di Gunung Lio Salem

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Vidio sebuah penampakan Harimau Jawa beredar di media sosial Whast App (WA). Vidio dengan durasi 29 detik tersebut menampakan seorang warga yang menyoroti Harimau dengan menggunakan lampu senter.

Dalam keterangan yang tertulis di bawahnya menerangkan bahwa penampakan Harimau Jawa di ketemukan oleh warga di wilayah Pegunungan Lio Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Vidio tersebut diunggah sekitar pukul 09.00 WIB. Selasa, 20 Mei 2024.

Sampai berita ini ditulis belum ada informasi resmi lebih lanjut terkait kebenaran dari vido tersebut.

Baca Juga :  Dinkopumdag Brebes Giat Pasar Murah dan SPHP di Pasar Seng Bumiayu

Berdasarkan sumber Wikipedia menerangkan, Harimau Jawa dengan nama latin Panthera tigris sondaica adalah subspesies harimau yang hidup terbatas (endemik) di Pulau Jawa.

Menurut catatan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Harimau ini telah dinyatakan punah di sekitar Tahun 1980-an yang diakibatkan oleh perburuan dan perkembangan lahan pertanian sehingga mengurangi habitat binatang ini secara drastis.

Hasil rangkuman dari Wikipedia, berdasarkan laporan yang tidak resmi sesekali dugaan penampakan Harimau Jawa pernah terjadi di Magetan Jatim pada bulan Januari 2009 di wilayah Gunung Lawu.

Baca Juga :  Wabup Brebes Temui Para Cakades Untuk Bersilahturami dan Berikan Motivasi

Kemudian pada Oktober 2010 sesaat setelah terjadinya letusan Gunung Merapi, dua warga mengklaim penampakan hewan buas tersebut melalui bekas cakaran disisa bekas sisa abu vulkanik.

Dan info yang terbaru lagi yaitu pada November-Desember 2020 beberapa warga mengaku melihat penampakan satwa liar tersebut sebanyak dua ekor di sekitar Gunung Wilis, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.***