Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Pemkab Pemalang Komitmen Atasi Banjir Rob di Kecamatan Ulujami

1313
×

Pemkab Pemalang Komitmen Atasi Banjir Rob di Kecamatan Ulujami

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang– Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat akan membantu memperbaiki infrastruktur desa guna mengatasi banjir rob yang terjadi di wilayah Kecamatan Ulujami.

Sejumlah upaya Pemkab dalam membantu kelancaran aktivitas warganya tersebut antara lain dengan memperbaiki infrastruktur desa seperti meninggikan jalan kemudian memperbaiki saluran air. Untuk sejumlah upaya yang urgen tersebut, Pemkab dibawah kepemimpinan Bupati Pemalang Mansur Hidayat pada tahun 2025 mendatang akan menggelontorkan dana sebanyak Rp 15 Miliar.

Kepala BPBD Andri Adi mengatakan bahwa salah satu cara untuk percepatan penanganan rob di Ulujami adalah dengan normalisasi sungai. “Salah satu yang sudah terlaporkan agar dampak banjir rob itu cepat mengalir kembali adalah dengan normalisasi sungai, beberapa sungai karena sedimen endapannya tinggi sehingga menyebabkan kembalinya air ke laut itu lambat,” ungkapnya.Jumat ( 17/05/2024 )

Baca Juga :  Police Goes to School, Polres Pekalongan Datangi SMK Diponegoro Karanganyar

Tak hanya normalisasi sungai, Andri Adi juga menilai bahwa perlu dibangun adanya benteng tanggul di beberapa sungai. “Adapun yang lain mungkin perlu dibangun adanya sender atau benteng tanggul beberapa sungai atau saluran air,” tambahnya.

Selain normalisasi sungai dan pembangunan benteng tanggul, Pemkab Pemalang juga telah mengusulkan pembangunan tanggul atau sabuk laut kepada Pemerintah Pusat. “Untuk tanggul laut atau sabuk laut itu anggarannya sangat besar sampai triliunan, itu kami usulkan dan kami kawal terus oleh Pemerintah Daerah ke tingkat pusat,” jelasnya.

Baca Juga :  Berikut Dua Lokasi Peristiwa Kebakaran di Pemalang

Sebelumnya Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengungkapkan, pada tahun 2025 Pemkab Pemalang akan menggelontorkan dana sebesar Rp 15 Miliar untuk mengatasi permasalahan banjir rob di wilayah Ulujami. “Minimal yang urgent dulu lah, kalau yang bendung (tanggul) itu Pemerintah Pusat,” ujarnya.**( Joko Longkeyang )