Scroll ke Atas
Berita Utama

Mas Tubagus Mizan dan Mbak Rohmatul Wafa’i Sabet Gelar Duta Wisata Pemalang 2024

7209
×

Mas Tubagus Mizan dan Mbak Rohmatul Wafa’i Sabet Gelar Duta Wisata Pemalang 2024

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Sabtu malam (14/9/2024) menjadi malam yang istimewa bagi Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di depan Pendopo Kabupaten, Mas Tubagus Mizan dari Umum/Polkesmar Pekalongan dan Mbak Rohmatul Wafa’i dari SMA N 1 Bantarbolang resmi dinobatkan sebagai Juara 1 Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024. Keduanya berhasil menorehkan prestasi gemilang setelah melewati berbagai seleksi dan tahapan yang cukup ketat dalam ajang Pemalang Tumandang 2024.


Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024, yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemalang, menarik perhatian masyarakat. Sebanyak 20 finalis menampilkan berbagai bakat dan kemampuan yang memukau, menghibur para penonton yang memadati area sekitar Pendopo Kabupaten. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, bersama Forkopimda, Sekda Heriyanto, dan Ketua TP. PKK Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia, turut hadir memberikan dukungan dan semangat kepada para finalis.
Dalam sambutannya, Bupati Mansur Hidayat mengucapkan selamat kepada seluruh finalis yang telah berhasil mencapai tahap grand final. Ia menekankan bahwa perjuangan untuk menjadi juara belum berakhir, karena masih ada beberapa tahap penilaian yang harus mereka lalui. Bupati memberikan motivasi kepada para finalis untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka dan menunjukkan bahwa mereka adalah yang terbaik.
“Tampilkan dan kerahkan semua kemampuan yang kalian miliki karena ini grand final, di mana yang paling unggul nantinya yang akan menjadi yang terbaik,” pesan Bupati kepada para finalis.

Bupati juga menyinggung potensi wisata di Kabupaten Pemalang yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata religi. Ia menekankan pentingnya pengelolaan potensi wisata yang baik agar dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu cara yang efektif adalah melalui promosi yang luas dan masif.
“Di sinilah duta wisata memiliki tugas dan berperan penting untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Pemalang secara komprehensif dan masif,” ujar Bupati.
Bupati juga mengingatkan bahwa seorang duta wisata harus memiliki keunggulan khusus yang dapat menarik perhatian masyarakat. Keunggulan tersebut bisa berasal dari penampilan, perilaku, inteligensia, bakat, dan hal-hal positif lainnya. Ia menekankan bahwa semua finalis adalah pemenang, dan mereka harus tetap semangat untuk terus mengembangkan potensi diri.
“Kalah menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang wajar, jadikan kegagalan menjadi sebuah motivasi untuk mencapai kesuksesan,” pesannya.
Kepala Disparpora Kabupaten Pemalang, Dian Ika Siswanti, dalam laporannya menyampaikan bahwa pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia guna mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pemalang. Ia berharap Mas dan Mbak Duta Wisata dapat menjadi garda terdepan dalam mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Pemalang, bersinergi dengan Pemkab Pemalang dan seluruh masyarakat.

Baca Juga :  Warga Ramai-Ramai Ngecor Tiang Jembatan Gantung, Agar Tak Terisolasi


Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024 menarik minat banyak peserta. Target awal pendaftar adalah 100 orang, namun realisasinya mencapai 248 orang. Setelah melalui seleksi ketat, terpilih 106 peserta, dan akhirnya 20 finalis berlaga di malam grand final.
Malam grand final dihadiri oleh para juri yang kompeten di bidangnya, antara lain: Setya Teguh Yuwana (Ketua forum klaster pariwisata provinsi wilayah 2 atau DPP-2 Jawa Tengah) sebagai Juri Kepariwisataan, Palupi Medisiwanti (Pengurus HIMPSI Eks Karesidenan Pekalongan) sebagai Juri Psikologi, Ratna Hidayati (Ketua HARPI Kabupaten Pemalang) sebagai Juri Kepribadian dan Ngadibusana, Rini Hanjarwati (Anggota Pengurus TP. PKK Kabupaten Pemalang) sebagai Juri Pengetahuan Umum, M. Adib Hadafi (Mas duta wisata Kabupaten Pemalang 2019) sebagai Juri Bahasa Inggris, dan 1 orang Juri kehormatan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.
Di akhir acara, Bupati menyerahkan penghargaan kepada para juara Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pemalang 2024, dan acara ditutup dengan sesi foto bersama. Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024 merupakan langkah nyata dalam meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pemalang, dengan menjadikan generasi muda sebagai agen perubahan dan penggerak kemajuan daerah.

Baca Juga :  Diperiksa BPK, Pemkab Pemalang Raih Kembali Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Berikut daftar finalis pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pemalang 2024 yang berhasil meraih juara:
– Juara 1: Mas Tubagus Mizan (Umum/Polkesmar Pekalongan) dan Mbak Rohmatul Wafa’i (SMA N 1 Bantarbolang)
– Juara 2: Mas Wildan Panji Maulana (SMA N 1 Comal) dan Mbak Novia Rahmawati (SMA N 1 Pemalang)
– Juara 3: Mas Wahyu Solistyawan (SMA N 3 Pemalang) dan Mbak Regina Humayra Klarisa P. (SMA N 3 Pemalang)
– Juara Harapan 1: Mas Tristan Ruslim (Umum) dan Mbak Nur Syarifah (SMK N 1 Petarukan)
– Juara Harapan 2: Mas Khrisna Agung (Univ. Muhammadiyah Surakarta) dan Mbak Kifaya Azidia Hafizh (SMA N 1 Bantarbolang)
– Juara Harapan 3: Mas Ghufron Mu’ti (Univ. Negeri Surabaya) dan Mbak Sekar Arum Pertiwi (SMA N 1 Ulujami)
– Juara Favorit: Mbak Trisya Auliatus Zahra (SMK N 1 Randudongkal)
Selamat kepada para pemenang! Semoga Mas Tubagus Mizan dan Mbak Rohmatul Wafa’i dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai duta wisata Kabupaten Pemalang dan mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut.