Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Kontes Domba dan Kambing Bupati Cup 2024 Ajang Melestarikan Hewan Ternak Lokal

17
×

Kontes Domba dan Kambing Bupati Cup 2024 Ajang Melestarikan Hewan Ternak Lokal

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes menggelar kontes domba & kambing Bupati Cup 2024. Kegitan berjalan meriah dan diikuti ratusan peserta dari berbagai Kabupaten maupun Provinsi. Bertempat di Pasar Hewan Bumiayu, Rabu, 18 September 2024.

Acara yang terselengara atas kerjasama antara HPDKI dengan DPKH tersebut, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bulan bhakti peternakan dan kesehatan hewan yang ke-188, sekaligus melestarikan hewan ternak lokal Brebes.

Kontes yang digelar, diikuti peserta lintas Provinsi baik dari Jawa Tengah maupun Jawa Barat.

Acara kontes dihadiri Kepala DPKH Kabupaten Brebes Ismu Nugroho beserta setaf dan Forkompinda, serta tiga orang tim peneliti dari UGM Jogyakarta.

Prof Dr drh Aris Haryanto MSi selaku tim pengamat UGM mengatakan, jenis domba sakub serta sapi Jawa Brebes (jabres) merupakan hasil budidaya peternak Brebes.

Baca Juga :  Bersama Forkopimda, Bupati Pemalang dan Monitoring Malam Natal

“Beberapa tahun terakhir selalu dikategorikan terbaik, hal ini terbukti ketika selalu menjadi pemenang juara satu di tingkat Nasional,” tutur Aris, hal ini membuktikan bibit unggul kambing sakub dan sapi jabres benar-benar ada di Brebes.

Kepala DPKH Brebes Ir Ismu Nugroho mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan budidaya domba sakub dan sapi jabres bersama fakultas kedokteran hewan UGM dan PT Indoprima Beef mengembangkan sapi jabres agar lebih baik dan berkualitas.

“Selain dengan UGM kami juga bekerja sama dengan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Ungaran, sebagai upaya untuk menghasilkan sapi jabres berkualitas.

Sapi jabres, merupakan aset ternak lokal khas Kabupaten Brebes Jawa Tengah yang telah dibudidayakan oleh masyarakat Brebes secara turun temurun,” paparnya.

Baca Juga :  Musdes Menyusun RKPDes Desa Pagojengan Tahun 2025

Ismu menambahkan, dalam pengembangan sapi jabres, Fakultas Peternakan UGM juga memberikan bibit rumput gama umami 10.000 stek di tahun 2023 saat ini telah berkembang menjadi puluhan hektar kebun rumput yang ditanam di lahan-lahan kritis dan di lereng Gunung Slamet.

Dari hasil penanaman rumput Ismu berharap nantinya dapat menopang kebutuhan pakan ternak, sekaligus akar dari rumput gama umami dapat berfungsi untuk menahan tanah dari bahaya erosi.

Dari hasil kontes domba dan kambing yang digelar, juara satu dengan berat 118 kg, juara ke dua 114 kg dan juara 3 dengan berat 113 kg masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar ke I – 700.000, ke II- 600.000, ke III – 500.000. (Dun/ Yan).