Scroll ke Atas
Berita Utama

Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi : Jadilah Pemimpin Yang Adil

346
×

Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi : Jadilah Pemimpin Yang Adil

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi Brebes KH Subekhan Makmun menandaskan pentingnya pemimpin yang adil. Sebab dengan kepemimpinan yang adil termasuk golongan manusia yang akan masuk surga terlebih dahulu, atas jariyah manfaat yang telah diberikan kepada masyarakat. 
“Imam yang adil akan masuk surga lebih dulu, karena dari kepemimpinannya bisa mensejahterakan masyarakat,” tutur Kiai Subekhan saat menerima silaturahmi Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin, di Ndalem Kiai Kompleks Pesantren, Jumat (23/12/2022).
Kiai tidak sepakat kalau kemudian ada sekelompok masyrakat atau pribadi tertentu yang selalu menjelek-jelekan pemimpinnnya. Aja ngalah ngalahna pemimpin, selalu bersyukur punya pemimpin yang baik.
Kiai Subekhan membandingkan bagaimana hebatnya para aulia dan para wali sanga yang walau Sunan gunung jati, sudah meninggal bisa mendatangkan rejeki. Termasuk kehebatan Gus Dur yang telah mendatangkan rejeki tanah Jombang. 
“Sel sel yang telah mati bisa mendatangkan rejeki, itu karena menjadi pemimpin yang adil,” terang Kiai Subekhan yang juga Rais Suriah PBNU.
Lanjut Kiai Subekhan keunggulan Google yang kering, dan canggih namun tidak sampai ke akherat karena saat diakherat orang mati tidak bisa membawa handphone.
Sementsra Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengaku senang bisa bersilaturahmi ke Kiai Subekhan dan dirinya meminta petunjuk sekaligus memperkenalkan diri, meskipun sebagai putra Cikeusal Kidul, Kec Ketanggungan tetapi lama hidup di luar Brebes. 
Dirinya baru diutus Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk memimpin Brebes mulai 13 Desember 2022 hingga 2024.
Selain sowan sebagai Pj dirinya juga mengundang Kiai Subekhan untuk mengisi tausiyah saat Tasyakuran Tahun Baru Hijriyah di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT).
Tampak dalam keguatan tersebut turut mengikuti kunjungan silaturahmi antara lain Asisten Bidang Pemerintahan Khaerul Abidin, Kabag Kesra Setda Ahmad Sekhu, Staf Ahli Kesra Furqon, Ketua Baznas Abdul Haris dan pejabat lainnya .(imam)

Baca Juga :  Dinarpus Brebes Sosialisasikan Manajemen Arsip Digital di Non Fisik TMMD