Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Nakes Puskesnas Tonjong Sambangi Rumah Warga Dakan PE DBD di Desa Purwodadi

×

Nakes Puskesnas Tonjong Sambangi Rumah Warga Dakan PE DBD di Desa Purwodadi

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Upaya pencegahan dan penanganan Kasus Demam Berdarah diwilayah kecamatan Tonjong kabupaten Brebes khususnya di desa binaan Puskemas Tonjong beberapa tenaga kesehatan (Nakes) sambangi rumah warga guna melakukan penyelidikan Epidemiologi Kasus Demam Berdarah Dengue (PE DBD) di dukuh Pesanggrahan desa Purwodadi Selasa (16/8/2022) pagi.
Tampak Nakes Puskesmas Tonjong melakukan kegiatan PE disekitar tempat tinggal penderita pada hari ini yang bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD sebagai tindakan untuk penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah dengan pemeriksaan jentik di tempat penampungan air dan dilakukan penaburan bubuk abate pada penampungan air yang positif jentik. 
Kepala UPT Puskesmas Tonjong Sri Mulyani SST MM mengatakan pihaknya saat ini hampir tiap hari untuk mengerahkan nakesnya ke 7 desa (Tonjong, Linggapura, Kalijurang, Galuhtimur, Pepedan, Negarayu,dan Purwodadi yang menjadi wilayah kinerjanya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti program BIAN, Penimbangan kondisi berat badan Balita, vaksinasi lanjutan (booster) dan penanganan kasus PE DBD ini maupun program lainnya.
Mulyani mengatakan dalam melaksanakan program program tersebut pihaknya berharap adanya dukungan penuh dari semua pihak karena Puskesmas Tonjong emiliki jumlah nakes yang sangat terbatas.
Lanjut Mulyani terkait DBD ini pihaknya menghimbau kepada anggota keluarga dalam satu pekarangan rumah agar tetap menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD yang menyerang anggota keluarga lainnya maupub warga di sekitarnya.
Selain itu, dihimbau kepada Ketua RT/RW dan Kadus agar menyampaikan informasi kepada warga disekitar atau tempat tinggal penderita untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan.
Lanjut Mulyani Nakes Puskesmas Tonjong bersama Bidan Desa akan berupaya melakukan pemantauan di tempat tinggal penderita dan sekitar tempat tinggal penderita dalam radius 100 Meter dengan menggerakkan Kader Jumantik – (imam)
Baca Juga :  Pramuka SWK Koramil Jatibarang Diajarkan Pemadaman Api Ringan