Scroll ke Atas
Berita Utama

Pemdes Kretek Paguyangan Bersama Masyarakat Dalam Doa dan Renungan Malam Hut Kemerdekaan RI ke 77

28
×

Pemdes Kretek Paguyangan Bersama Masyarakat Dalam Doa dan Renungan Malam Hut Kemerdekaan RI ke 77

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam tradisi dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejumlah tradisi tersebut umumnya dilaksanakan pada malam menjelang 17 Agustus. 
Di Kabupaten Brebes misalnya, terdapat tradisi malam syukuran dengan mengumpulkan warga di sebuah lokasi tertentu antara lain di persimpangan jalan lingkungan mapun di dalam ruangan dan masjid/musholla untuk berdoa dan renungan malam bersama setelah selesai mereka makan bersama makanan yang dibawa oleh masing masing warga secara swadaya.
Tradisi tersebut dilakukan sejak lama yang kerap terlaksana di malam hari yang diklaim warga dipedukuhan /pelosok desa telah dilakukan sejak puluhan tahun silam setiap perayaan malam HUT RI. Yang juga merupakan simbol generasi muda yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia. 
Adapun rangkaian acaranya dilakukan renungan kemerdekaan, doa bersama, saling tukar berkat atau kotak nasi, dan ditutup dengan makan bersama. 
Seperti hal yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kretek kecanatan Paguyangan dengan mengundang lembaga perangkat desa, tomas, pemuda dan masyakarakat setempat di Aula Gor desa setempat Selasa (16/8/2022) malam.
Kepala Desa (Kades) Krerek Akhya mengatakan kegiatan ini selain digelar warga masyarakat pelosok desanya Pemdes juga menggekarnya secara rutin setiap malam menjelang Hut kemerdekaan RI untuk melakukan tenungan dan berdoa bersama untuk keselamatan kesejahteraan dan kemajuan bangsa dan negara agar lebih baik dan maju lagi.
Tampak salah satu doa dalam acara ini mereka berdoa bersama dengan berharap kasus pandemi Covid 19 agar segera musnah dari muka bumi ini, pasalnya pandemi Covid 19 saat ini masih ada yang berdampak pada sendi kehidupan bangsa khusus dibidang ekonomi juga, agar berakhir sehingga kehidupan bangsa ini bisa pulih dan bangkit kembali secara normal – (imam)

Baca Juga :  Polres Pekalongan Tangkap Pengedar Narkoba, Hasil Pengembangan Kasus Video Penganiayaan Yang Sempat Viral