Scroll ke Atas
Berita Utama

Pemkab Brebes Luncurkan Penyaluran Bantuan Keuangan Desa dengan Berbasis Elektronik

62
×

Pemkab Brebes Luncurkan Penyaluran Bantuan Keuangan Desa dengan Berbasis Elektronik

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dalam proses penyaluran bantuan keuangan kepada desa di Kabupaten Brebes, yang semula dilakukan secara manual atau konvensional beralih ke sistem elektronik berbasis aplikasi dengan nama Elektronik Bantuan Keuangan Kepada Desa (e-Bangsa) yang diluncurkan Bupati Brebes Idza Priyanti di Aula Lantai 5 KPT jBrebes, Senin (24/10/2022).
 
Bupati Brebes Idza Priyanti mengapresiasi dan menyambut baik dengan diluncurkanya e-Bangsa sebagai wujud implementasi proses penyaluran bantuan keuangan kepada desa secara elektronik.
Sesuai Peraturan Bupati No. 76 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dan Peraturan Bupati nomor 2 tahun 2021 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Brebes.
“Aplikasi e-Bangsa diyakini bisa mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yang lebih transparan dan akuntabel dengan artian desa akan mengetahui pagu anggaran, proses penyaluran namun tidak bersentuhan langsung dengan petugas,” kata Idza.
Lebih lanjut Idza memgatan dengan aplikasi ini akan lebih cepat dan menjauhkan resiko penumpukan proposal penyaluran di meja petugas korektor kabupaten. Dan penyaluran bantuan keuangan kepada desa lebih mudah dikontrol mulai dari penganggaran, penyaluran dan pertanggungjawaban. 
Kehadiran e-Bangsa yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tersebut diharapkan akan mempermudah proses penyaluran bantuan keuangan kepada Desa. Karena dari sistem konvensional yang membutuhkan waktu lama, jarak yang jauh, dan tenaga yang banyak disederhanakan dalam suatu sistem elektronik yang lebih efektif dan efisien. 
Sementara Kepala Bidang Pemerintahan Desa Rosmeidiana Puspitasari E-Bangsa mengatakan aplikasi tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat. Antara lain; mempercepat penyampaian informasi pagu anggaran bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa, dan mempermudah verifikasi atau koreksi proposal, serta mengurangi penggunaan kertas, pengarsipan berkas lebih mudah, tersedianya data base dan menghemat ruang penyimpanan arsip juga mengurangi biaya operasional.
Nampak hadir dalam peluncuran e-Bangsa antara lain Inspektur Kabupaten Brebes, Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes, Kepala Dinpermades, dan beberapa Kepala OPD lainya serta Camat dan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Brebes – (imam)

Baca Juga :  Bupati Brebes Hadiri dan Sebagai Irup Upacara Peringatan Harhubnas 2022