Scroll ke Atas
Berita Utama

Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Kabupaten Brebes Dilakukan Giat Ziarah dan Upacara

60
×

Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Kabupaten Brebes Dilakukan Giat Ziarah dan Upacara

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Keluarga besar TNI di Kabupaten menggelar ziarah nasional dan upacara di Alun-alun Brebes untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022, Kamis (10/11/2022) pagi.
Kegiatan tersebut diawali, Dandim 0713 Brebes Letkol Infantri Tentrem Basuki, memimpin rombongan untuk memberikan penghormatan dan doa untuk 92 orang pahlawan yang jasadnya terbaring di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama I Brebes dan dilanjut rombongan dari berbagai unsur qmelaksanakan tabur bunga di pusara para pahlawan dan ditutup dengan perhormatan terakhir sebelum meninggalkan TMP tersebut.
Pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan yang digelar di Alun-alun Brebes, Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti bertindak sebagai inspektur upacara dan Kapten Infantri Kunpriyanto sebagai Komandan Upacara.
Para peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk juga veteran, ormas, dan mahasiswa maupun pelajar ini, secara khidmat juga memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih yang dikibarkan Paskibra Brebes.
Bupati Brebes membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, dimana Mensos RI mengajak agar peringatan Hari Pahlawan kali ini digunakan sebagai renungan bagi warga bangsa yang merdeka untuk meneladani dan selanjutnya mencontoh semangat pantang menyerah dan keikhlasan dari para pahlawan bangsa.
“Bagaimana tidak, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, namun dengan semangat serentak rakyat seantero nusantara bersama laskar-laskar pejuang, mereka semua berani tampil menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya,” kata Idza Priyanti yang membacakan pidato Mensos RI.
Lanjutnya ada dua pilihan kala itu, yakni merdeka atau mati. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan anak dan cucu mereka harus diperjuangkan. Mereka percaya bahwa kemerdekaan suatu bangsa merupakan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, dan bukan pemberian dari siapapun.
“Pahlawanku, Teladanku. Dari kalimat tersebut diharapkan mampu menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat seperti seloka Bhinneka Tunggal Ika,” paparnya.
Idza juga mengatakan bahwa Mensos RI mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bersungguh-sungguh mempertahankan wilayah NKRI yang kaya akan segalanya, karena di masa yang akan datang akan menjadi rebutan bangsa-bangsa lain di dunia. Pasalnya, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih, jelas menjadi pemicu sehingga perlu kesiapan yang sungguh-sungguh mulai dari sekarang.
Tri Rismaharini juga mengajak rakyat Indonesia mulai dari Aceh sampai ke Papua, untuk terus mengembangkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, mengembangkan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal dan memperkuat keragaman pangan sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan.
“Mengelola sumber daya alam dengan baik akan menopang keberlangsungan hidup bagi generasi saat ini dan generasi mendatang. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya,” tegasnya.
Tri Rismaharini juga mengajak agar menjadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan tahun ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya.
Kemudian bersama-sama memerangi kebodohan, kemiskinan, paham radikal dan upaya pecah–belah bangsa lainnya, serta tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
Acara diakhiri dengan pembacaan pesan-pesan pahlawan dan ditutup dengan foto bersama dengan diiringi lagu-lagu kebangsaan. (aan/imam)

Baca Juga :  Upacara Hari Lahir Pancasila Dipimpin Plt. Bupati Pemalang