Scroll ke Atas
Berita Utama

Puskesmas Bantarkawung Layani Pemeriksaan Iva dan Sadanis Tiap Hari Kamis Secara Gratis

177
×

Puskesmas Bantarkawung Layani Pemeriksaan Iva dan Sadanis Tiap Hari Kamis Secara Gratis

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear pasalnya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dengan peralatan sederhana serta dapat dilaksanakan selain oleh dokter ginekologi.
Tujuan pemeriksaan Iva adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.
Untuk pemeriksaan tersebut saat ini Puskesmas Bantarkawung Kabupaten Brebes membuka pelayanan secara gratis setiap hari Kamis. Kepala Puskesmas Bantarkawung Ns Supardi, S.Kep, SKM, M.Kes melalui Hj. Muflikha, S.ST, MM selaku pelaksana program Iva mengatakan pelayanan/pemeriksaan Iva adalah tes yang umumnya tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan hasilnya sendiri bisa langsung terlihat beberapa saat setelah pemeriksaan. 
“Biasanya, sel-sel dinding Serviks yang normal tidak akan mengalami perubahan (warna) apa pun ketika dioleskan asam asetat,” katanya usai memeriksa pasien, Kamis (23/2/2023).
Sebaliknya, apabila terdapat masalah pada Sel-sel Dinding Serviks, misalnya merupakan Sel prakanker atau sel kanker, otomatis warna Serviks akan berubah menjadi putih.
Oleh karena itu Tes IVA adalah salah-satu pemeriksaan dini Kanker Serviks yang bisa diketahui hasilnya dengan cepat.
“Tidak hanya itu, dalam tes IVA mereka merasa lebih nyaman karena sekaligus dibersihkan serviksnya,” tuturnya.
Lanjut Muflikha, selain itu, Puskesmas Bantarkawung juga memberikan edukasi kepada pasien tentang periksa payudara secara klinis (Sadanis). Hal ini berupa pemberitahuan mengenai cara memeriksa payudara sendiri untuk mendeteksi adanya Kanker pada payudara sejak dini.
“Kedua pemeriksaan itu penting bagi wanita, karena penyakit Kanker payudara dan kanker serviks yang paling sering ditemui pada wanita akhir-akhir ini,” tuturnya.
Muflikha juga mengimbau kepada masyarakat kecamatan Bantarkawung khususnya kaum wanita agar dapat lebih peduli untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim untuk melakukan Test Iva dan Sadanis yang pelayanannya disediakan di setiap hari Kamis di Puskesmas Bantarkawung.(imam)

Baca Juga :  Jaga Kekompakan dan Keharmonisan, Babinsa Bantu Bangun Rumah Warga Binaan