Scroll ke Atas
Berita Utama

Lapangan Tembak Kodim 0713 Brebes Dilakukan Penghijauan Dengan Penanaman Pohon Kayu Keras

65
×

Lapangan Tembak Kodim 0713 Brebes Dilakukan Penghijauan Dengan Penanaman Pohon Kayu Keras

Sebarkan artikel ini

 

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES Anggota TNI Kodim 0713 Brebes melakukan giat  penanaman pohon kayu keras untuk merindangkan Lapangan Tembak Kodim di Desa/Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jum’at (10/3/2023).

Tampak dalam giat ini turut hadir  Kasi Trantibum Kecamatan Songgom Gaizin, perangkat desa setempat, dan puluhan warga masyarakat setempat.

Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki melalui Pasiter Kapten Infanteri Surikan, mengatakan bahwa penghijauan di lapangan tembak kodim itu merupakan salah satu kegiatan penghijauan tahun 2023 di wilayah Kabupaten Brebes.

“Sekitar 800 bibit pohon yang kita tanam di Lapangan Tembak Kodim Brebes yang meliputi  pohon mahoni 250 batang, Albasia 250 batang, dan bibit Srikaya sebanyak 300 batang,” bebernya.

Baca Juga :  Jelang pelaksanaan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latpra Ops

Lanjutnya, tujuan utama penghijauan di tempat itu agar penyerapan air menjadi baik sehingga tanah di sekitar areal latihan menembak kodim itu tidak trrgenang air dan  becek saat selepas diguyur hujan.

“Selama ini aktivitas latihan menembak terganggu karena genangan air di areal lapangan tembak,”  ujarnya.

Pihaknya berharap agar ratusan bibit yang telah ditanam itu kedepannya juga bisa tumbuh besar dan bermanfaat sebagai penyejuk lingkungan, penyerapan karbondioksida dari kendaraan bermotor yang melintasi jalan raya yang disamping lapangan tembak tersebut juga sebagai sumber oksigen baru, serta bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dari hasil buah-buahan maupun kayu bakar yang berasal dari ranting-ranting pohon yang jatuh.

Baca Juga :  Anggota Bhabinkamtbmas dan Babinsa Paguyangan Bersinergi Cek Pembangunan Drainase Anggaran Bantuan Keuangan 2022

“Sebelumnya pada Januari 2023 lalu, kita juga telah menanam bibit pohon buah-buahan seperti mangga, sawo, jambu Kristal, dan kelengkeng,” tuturnya

Untuk itu pihaknya meminta kepada warga masyarakat di sekitar areal bekas Lapangan Terbang TNI AD seluas 11,6 hektar yang dijadikan.Lapangan Tembak Kodim Brebes itu, agar dapat ikut merawatnya,pasalnya, selain hasilnya nanti juga untuk masyarakat, vegetasi di sekitar areal bekas lapangan terbang itu juga untuk membantu menjaga sumber air tanah bagi pertanian warga di sekitarnya, khususnya pada musim kemarau. (aan/imam)