Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Merawat eksistensi NKRI Melalui Bela Negara Merawat eksistensi NKRI Melalui Bela Negara

×

Merawat eksistensi NKRI Melalui Bela Negara Merawat eksistensi NKRI Melalui Bela Negara

Sebarkan artikel ini


Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

EMSATUNEWS.CO.ID, SRAGEN – Nasionalisme? ya benar nasionalisme. Satu kata yang memiliki makna luar biasa. Sering kali kita mengetahui nasionalisme itu dengan arti cinta terhadap tanah air. Tanah air kita tentunya, Indonesia tercinta. nasionalisme dapat diartikan sebagai suatu paham yang menganggap kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus disertakan kepada Negara kebangsaan (nation state).

Nasionlisme sangat diperlukan dalam kelangsungan suatu negara, dengan harapan memunculkan rasa persatuan di dalam negara dalam hati generasi muda sekarang, Inilah yang dilakukan Danramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen Kapten Cpm Sayana mengajarkan materi  bagaimana Merawat eksistensi NKRI melalui kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan bela negara dan sejarah kebangsaan bagi siswa SMAN 1 Gondang  Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Rabu ( 08/03/2023 ).

Menurut Kapten Cpm Sayana, di zaman  serba teknologi yaitu era globalisasi seperti ini, rasa nasionalisme mulai berkurang, terutama dikalangan pelajar. Budaya dan teknologi dari luar mulai menghiasi kebiasaan pelajar saat ini. Kebiasaan yang sesuai dengan kebudayaan kita, tidaklah akan menjadi masalah. Namun kebiasaan yang bertentangan dengan kebudayaan kita tentunya akan memunculkan beberapa masalah yang nantinya juga berpengaruh dalam tingkat nasionalisme terhadap bangsa.

Baca Juga :  Percepatan Pembangunan Desa, Babinsa Bantu Pembuatan Talud

“ Generasi muda Indonesia adalah generasi penerus bangsa ini. Bangsa akan menjadi maju bila para pemudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju, malah menyebabkan semakin memudarnya rasa nasionalisme dikarenakan adanya pengaruh barat yang sedang melanda generasi muda di Indonesia “ terang Danramil.

Nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Dengan hal itu, pemuda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia.*