Scroll ke Atas
Pendidikan

Pj Bupati Brebes : Guru Olahraga Diminta Untuk Turut Tingkatkan Kemauan Sekolah

54
×

Pj Bupati Brebes : Guru Olahraga Diminta Untuk Turut Tingkatkan Kemauan Sekolah

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Guru Olahraga diminta, untuk bisa meningkatkan angka rata-tata sekolah di Kabupaten Brebes pasalnya angka rata-rata sekolah masih berada di 6,3 tahun alias belum lulus SD. Hal ini disebabkan banyaknya yang putus sekolah dan tidak melanjutkan sekolah.
Dengan prestasi olah raga di sekolah, diharapkan bisa menarik anak-anak untuk tetap bersekolah atau kembali bersekolah, guru olahraga bisa melakukan hal itu.
Hal ini dikatakan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin saat sambutan pelantikan Pengurus Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) periode 2023-2027 Kabupaten Brebes, di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (2/3/2023).
Urup mengaku prihatin dengan angka rata sekolah di Kabupaten Brebes karena ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak yang enggan bersekolah diantaranya faktor kemiskinan dan faktor anak sendiri dalan menghadapi problematika pribadi. Untuk itu, semua harus bergerak agar mereka tidak putus sekokah dengan cara mencegahnya. “Peran guru olahraga sangat penting dalam penigkatan angka rata rata sekolah,” ujarnya.
Urip juga menawarkan pola hybrd ditingkatan SMP, karena mereka tidak punya ongkos dan sangu untuk berangkat kesekolah. Tentu dengan memberi jatah harian kepada mereka yang tidak punya ongkos Pemerintah Kabupaten tidak mampu. Untuk itu, ada cara sekolah hybrid bagi warga miskin dengan sekolah tidak di kelas tetapi cukup di kantor desa. 
“Sekolah di sini, tentu tidak memberatkan bagi siswa miskin,” ungkapnya. 
Lanjut Urip pihaknya menekankan pentingnya sekolah karena menjadi alat ukur peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes yang intervensinya bisa terukur. 
Urip mengajak Kepada Ketua IGORNAS Kabupaten, agar dibuat Centra olahraga jangka panjang dalam artian, anak-anak sudah dilatih olahraga tertentu sejak kelas 1 SD hingga dewasa dan mencapai prestasi yang gemilang.
“Dengan kebugaran yang dimiliki sejak anak-anak maka akan meningkat pula prestasi olahraganya,” tuturnya.
Tambah Urip pihaknya merasa yakin, bahwa Brebes mampu mencetak atlet terbaik karena letak geografisnya potensial ada lautan, dataran dan pegunungan. Anak-anak Brebes biasa lari-lari, naik gunung dan mandi di sungai atau di laut.
“Dengan penduduk terpadat sebanyak 2,19 juta jiwa, Saya yakin bisa mendapatkan atlet berkelas nasional dan internasional,” tandasnya.
Semwntara Ketua IGORNAS Kabupaten Brebes Santosa MPd menjelaskan, dengan dilantiknya pengurus IGORNAS akan menyatukan persepsi dan apresiasi yang sama dari seluruh guru olahraga. Tidak hanya guru yang dibawah naungan Pemkab Brebes tetapi juga guru yang dibawah pembinaan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional.
“Kita bersatu dari seluruh guru SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta,” terangnya.
Santosa menargetkan Kabupaten Brebes akan melahirkan atlet atlet yang berprestasi seperti dalam event Popda maupun event lainnya.
Tampak acara pelantikan dilakukan Ketua IGORNAS Provinsi Jawa Tengah Imam Bagus W MPd yang ditandai dengan pembacaan janji pengurus dan pelantikan berlangsung lancar.(imam)

Baca Juga :  Kennard Rezqiano Kusuma, Siswa Asal Pemalang Sabet 3 Medali Olimpiade Matematika Internasional