Scroll ke Atas
Berita Utama

Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD, 350 Komunitas Belajar PAUD Ikut Seminar

55
×

Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD, 350 Komunitas Belajar PAUD Ikut Seminar

Sebarkan artikel ini


EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG
– Dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Pemalang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Seminar Nasional Guru PAUD Asik Menyenangkan. Kegiatan seminar ini menghadirkan narasumber dari founder pada sekolah dasar (SD) dan PAUD Fun School sekaligus motivator dan trainer bagi pendidik, Deden, HMS.

Kasi PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pemalang, Indra Sulistyo, S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan ini mendasari Permendikbud No.32 Tahun 2022 tentang standar pelayanan minimal bidang pendidikan. Menurutnya, melalui kegiatan ini, pihaknya mendorong untuk bagaimana proses pembelajaran di PAUD itu ke arah yang berkualitas.

“PAUD berkualitas tentunya tidak lepas dari bagaimana pendidik yang inovatif, kreatif, adaptif dan bersinergi dengan komponen bidang pendidikan itu sendiri,” kata Indra Sulistyo disela kegiatan Seminar Nasional Guru PAUD Asyik Menyenangkan di Kabupaten Pemalang Tahun 2023, bertempat disalah satu hotel di Pemalang, Selasa (21 Maret 2023).

Indra menyebut bahwa kegiatan seminar ini diikuti 350 peserta dari komunitas belajar PAUD se Kabupaten Pemalang diantaranya, komunitas PKG PAUD, gugus PAUD dan unsur guru penggerak PAUD. Mereka diberikan materi tentang bagaimana menerapkan pembelajaran di PAUD dengan konsep kebijakan Merdeka Belajar.

Pihaknya berharap dari 350 komunitas belajar yang mengikuti kegiatan ini bisa menularkan ilmunya kepada komunitas belajar, baik PKG maupun gugus PAUD yang ada di 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang.

“Jadi materi dalam kegiatan seminar hari ini lebih banyak prakteknya, bagaimana membuka class layanan PAUD yang menyenangkan. Terus bagaimana menghadirkan guru yang mengasyikan, karena proses pembelajaran di PAUD tentunya kita sudah cukup tahu, bagaimana bermain dan belajar. Jadi konsep belajar dengan cara-cara yang lebih tematik, baik lewat lagu tematik maupun lewat gerak seni,” terangnya.

Indra menambahkan bahwa kegiatan seminar nasional guru PAUD ini juga sempat dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Bupati Pemalang, Mansur Hidayat yang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat hadir beserta Bunda PAUD Kabupaten Pemalang, Ny. Santi Rosalia.

Dalam kesempatan itu, menurut Indra, Plt Bupati Mansur Hidayat berharap agar peningkatan kompetensi pendidik PAUD harus didorong dalam rangka upaya untuk membangun atau menuju layanan PAUD yang berkualitas. *

Penulis : Yanto 

Baca Juga :  Tanpa Pamrih, Babinsa Bantu Salurkan BLT-DD