Scroll ke Atas
Berita Utama

Lakukan Pengecekan, Kapolres Pekalongan Pastikan Kesiapan Pospam dan Posyan OKC 2023

139
×

Lakukan Pengecekan, Kapolres Pekalongan Pastikan Kesiapan Pospam dan Posyan OKC 2023

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEKALONGAN – Dalam rangka pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, didampingi Wakapolres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy dan perwira lainnya mengecek kesiapan Pos Pengamanan (pospam) dan Pos Pelayanan (pos yan) dalam Operasi Ketupat Candi tahun 2023, Senin (17/04).
AKBP Arief mengatakan, pengecekan seluruh kesiapan Pospam dan Posyan Ketupat Candi 2023 yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan personil, data-data serta penunjang pospam dan posyan. 
“Selain itu, kita juga memberikan motivasi kepada personil yang melakukan pengamanan,” ujarnya. 
Perlu diketahui, bahwa Polres Pekalongan dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun 2023 telah menyiapkan 5 posko pengamanan dan 1 pos pelayanan mudik, diantaranya pos pam Tugu Nol Kajen, pos pam Kedungwuni, pos pam IBC Wiradesa, pos pam Pait Siwalan dan pos pam rest area KM 338. Sedangkan untuk pos yan berada di exit tol Bojong.
Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan hasil pantauan berdasarkan durasi jam dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.
“Tadi telah dilaporkan oleh Kasat Lantas bahwasannya untuk pantauan arus mudik yang masuk di wilayah Kabupaten Pekalongan ada 893 kendaraan roda empat, kemudian keluar 1.190. Hal ini menunjukkan kenaikan belum signifikan jadi masih landai situasinya,” tuturnya.
“Sementara di rest area juga terpantau masih landai, begitu juga di jalur pantura yang dipantau dari pos pam IBC Wiradesa situasinya masih landai,” tambah Kapolres.
Menurutnya, jumlah kendaraan baik yang ke arah Jakarta maupun menuju Semarang, masih seperti biasa. “Masih landai, belum ada kepadatan. Kita memantau biasanya di pos Gumawang,” ungkap AKBP Arief.
Polres Pekalongan sendiri juga telah menyediakan tempat-tempat parkir tersebut yang sudah disiapkan di IBC Wiradesa.  
“Untuk truk dan bus yang ingin memarkirkan kendaraannya terlebih dahulu, bisa diparkirkan di IBC Wiradesa. Disana sudah ada tampungan kendaraan khususnya truk, jadi jangan parkir di pinggir jalan,” imbuh Kapolres.
Kepada para pemudik, AKBP Arief mengimbau untuk senantiasa berhati-hati terutama yang melakukan perjalanan pada malam hari. 
“Malam hari biasanya kendaraan cukup padat, sehingga saya berpesan kepada masyarakat untuk sebisa mungkin melakukan perjalanan pada siang hari. Hal ini tentunya lebih mengacu pada penglihatan ataupun keselamatan yang lebih diindahkan,” pungkasnya. (*)
Editor : Eva

Baca Juga :  PWI Brebes Gelar Youth Championship U-13 Peringati HPN