Scroll ke Atas
Berita Utama

637 Siswa Kelas XII SMK PGRI 1 Taman Diwisuda

152
×

637 Siswa Kelas XII SMK PGRI 1 Taman Diwisuda

Sebarkan artikel ini


EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Sebanyak 637 siswa kelas XII SMK PGRI 1 Taman, Kabupaten Pemalang angkatan XXXII tahun pelajaran 2022/2023 melaksanakan wisuda. Acara wisuda yang juga turut di hadiri Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat itu berlangsung di salah satu hotel di Pemalang, Kamis (4 Mei 2023).

Adapun 637 siswa kelas XII yang diwisuda ini berasal dari 6 kompetensi keahlian. Diantaranya, Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Sepeda Motor, Teknis Permesinan, Teknik Mekanik Industri dan Teknik Pengelasan.

Menurut Kepala SMK PGRI 1 Taman, Yanto Raharjo, S.Si.,MA, acara wisuda ini digelar dalam bentuk seremonial bagi siswa kelas XII yang sebentar lagi lulus sekolah dan saat ini tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

Pihaknya berharap tingkat kelulusan siswa kelas XII SMK PGRI 1 Taman untuk tahun ini bisa mencapai 100 persen.

Pihaknya juga bersyukur meski kegiatan belajar masih berjalan, namun sebagian siswanya sudah ada yang direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar.

“Tingkat kelulusan insya Allah 100 persen. Tapi sebagian anak-anak yang kelas XII kemarin, walaupun masih kegiatan belajar, tapi itu sudah dari pihak industri sudah ada rekruitmen. Jadi anak-anak ini lulus, langsung nanti kami mengeluarkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan disana tinggal medical check up,” ungkap Yanto Raharjo saat ditemui seusai acara wisuda.

Yanto menyebut siswanya yang tinggal melakukan medical chek up itu ada sebanyak 74 orang. Mereka akan direkrut oleh sejumlah perusahaan besar diantaranya dari PT Sebastian Jaya Metal, Astra Daihatsu Motor, Astra Honda Motor dan sejumlah perusahaan besar lainnya.

“Di universitas negeri (siswa) yang diterima masuk jalur raport juga ada,” terangnya.

Pihaknya berharap anak-anak didiknya ini tetap bisa meningkatkan skilnya kendati sudah lulus sekolah. Selain ijasah, kata dia, setelah lulus sekolah, mereka juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi. 

“Kami juga kemarin menyelenggarakan sertifikat kompetensi kerja. Karena, itu yang bisa menyelenggarakan antara LSP P3. Kami mendapat itu. Kami ada 40 anak juga itu untuk paket pre system, itu juga anak-anak nanti mendapatkan sertifikat yang berlabel burung garuda. Itu malah diakui di tingkat ASEAN,” tukasnya.

Sementara itu, Muchamad Ikbal selaku HRD PT Sebastian Jaya Metal mengungkapkan bahwa pihaknya berencana akan melakukan rekruitmen tenaga kerja baru di SMK PGRI 1 Taman pada minggu depan. Hal ini sebagai bentuk Implementasi kerjasama antara PT Sebastian Jaya Metal dengan SMK PGRI 1 Taman yang sudah terjalin selama 6 tahun. Menurutnya kerjasama ini dilakukan dalam rangka untuk pemenuhan kebutuhan karyawan di perusahaannya itu.

“Rencananya hari Jumat minggu depan kami rekruitmen dan itu nanti digunakan untuk kebutuhan di PT Sebastian Jaya Metal,” tandasnya. *

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Lahirkan Para Penghafal Al-Qur’an, Madrasah Tahfidz Qur’an Markaz Imam Malik Wisuda 174 Santri