Scroll ke Atas
Berita UtamaNasional

Bakamla RI Gelar Seminar Penguatan Sistem Keamanan Laut Nasional

82
×

Bakamla RI Gelar Seminar Penguatan Sistem Keamanan Laut Nasional

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – Bakamla RI gelar Seminar Penguatan Sistem Keamanan Laut Nasional dalam rangka keamanan wilayah perairan pada Ibu Kota Negara.

Seminar tersebut berlangsung selama dua hari di salah satu hotel Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (19/9/2023).

Seminar ini bertujuan untuk mendiskusikan sistem keamanan laut nasional yang efektif bagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia guna mencapai visi poros maritim dunia.

Baca Juga :  Menhan Prabowo Subianto Jelaskan Ekonomi Pancasila Pada Seminar Kebangsaan di IMN

Selain itu, dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur, seminar ini juga diharapkan dapat memberikan ide dan saran bagi penguatan keamanan laut guna mendukung keamanan Ibu Kota Negara baru.

Seminar dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh perwakilan dari Kemenko Polhukam, Kemenko Marves, Kemenhub, TNI AL, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, Bakamla RI, dosen serta mahasiswa dari beberapa Universitas di wilayah Indonesia Tengah.

Baca Juga :  Danlantamal IX Pimpin Sertijab Dandenma dan Kadisfaslan Lantamal IX Ambon

Pada seminar ini terdapat beberapa pemateri, yaitu Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI Tatit E. Witjaksono, Ahli Hukum Internasional Universitas Indonesia Arie Afriansyah, S.H., MIL., Ph.D., Ahli Kelautan Institut Pertanian Bogor Ahmad Solihin, Perwakilan Pengguna Laut HNSI dan INSA, serta Ketua PPUU DPD RI dan IOJI.