Scroll ke Atas
Brebes

Edukasi 1000 HPK di Non Fisik TMMD Reguler 118 Brebes

91
×

Edukasi 1000 HPK di Non Fisik TMMD Reguler 118 Brebes

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes melalui Koryan P3KB Kecamatan Sirampog dan Puskesmas Kecamatan Sirampog, gelar kegiatan Edukasi 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) di Kampung KB Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Jumat (6/10/2023).

Disampaikan Inayatul Aeni A.Md.Keb (Aeni) dari Puskesmas Sirampog, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mewarnai kegiatan non fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes yang saat ini sedang berlangsung di Desa Kaliloka.

“Untuk sasarannya adalah ibu hamil dan balita, khususnya ibu-ibu yang memiliki balita tercatat stunting,” terangnya.

Lanjut Aeni, jadi bagi ibu hamil tujuannya adalah agar ibu hamil dan keluarganya bisa lebih memperhatikan kebutuhan gizi, kondisi lingkungan, kebersihan dan kesehatan pada masa kehamilan. Itu karena kasus stunting berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas, bisa menghambat pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan.

Baca Juga :  Ribuan Paket Sembako di Bagikan Pasca Upacara HUT TNI di Monas

“Bagi calon ibu dihimbau untuk menjaga kesehatan dan menghindari terjadinya anemia sebagai awal mempersiapkan kehamilan,” sambungnya.

Bagi para orang tua, hendaknya bisa mendewasakan usia pernikahan anak dan memberikan edukasi untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Kemudian bagi balita, 1000 HPK merupakan periode sensitif karena akibat kurang gizi pada masa ini pertumbuhan fisik akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi. Tak hanya itu, untuk perkembangan mental dan kecerdasan anak, pada usia dewasa nanti akan terlihat dari ukuran fisik yang tidak optimal serta kualitas kerja yang tidak kompetitif yang berakibat pada rendahnya produktivitas ekonomi.