Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerah

Kepala Bakamla RI Tinjau Kesiapan Unsur dan Personel Zona Bakamla Barat

108
×

Kepala Bakamla RI Tinjau Kesiapan Unsur dan Personel Zona Bakamla Barat

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BATAM – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla. melaksanakan inspeksi Kesiapan Unsur dan Personel Zona Bakamla Barat di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/10/2023). Inspeksinya ke Batam ini merupakan kunjungan pertama kalinya sejak dilantik pada 13 September lalu.

Kunjungan ini perlu dilakukan untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Bakamla RI yang baru dan memeriksa kondisi kesiapan unsur patroli Bakamla RI dalam mengamankan laut Indonesia. Setibanya di Batam, Kepala Bakamla RI beserta rombongan diterima oleh Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Syufenri, S.Sos., M.Si., beserta jajaran.

Kunjungan hari pertama, diawali ke Dermaga Pirates Barelang Jembatan II. Telah tampak berjejer 4 unsur Kapal Patroli Bakamla RI dari KN. Bintang Laut-401, KN. Singa Laut-402, KN. Ular Laut-405 dan KN. Belut Laut-406. Dalam peninjauannya, Kepala Bakamla RI melihat proses rencana pemasangan meriam dengan kaliber 30 mm remote controlled weapon station atau remote controlled station di masing-masing kapal tersebut.

Baca Juga :  Pj Bupati Brebes Berharap di Kabupaten Brebes Bisa Wujudkan Cinta Kesehatan dan Menjaga Ibu dan Anak

Selanjutnya, Kepala Bakamla RI menginspeksi kesiapan peralatan kapal dari sistem navigasi, radio, senjata laras panjang kaliber 12,7 mm dan personel kapal. Di dalam inspeksi tersebut, Kepala Bakamla RI berinteraksi dengan ramah ke seluruh personel dan berpesan kepada seluruh personel untuk tetap menjaga kesiapan, kewaspadaan serta kedisiplinan tinggi dalam menjalankan tugas patroli di laut.

Kunjungan dilanjutkan ke Kantor Zona Bakamla Barat, yang telah dinantikan oleh puluhan personel untuk menyimak arahan Kepala Bakamla RI. Di kesempatan ini, Kepala Bakamla RI memberikan arahan terkait keberhasilan Bakamla RI yang semakin dipercaya pemerintah maupun instansi luar negeri. Pengakuan ini dapat dilihat dengan adanya kunjungan kenegaraan yang diterima Bakamla RI dari Duta Besar Jepang, Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM), dan Asutralian Border Force (ABF). “Lebih dari itu, Bakamla RI menjadi Chairman atau Ketua di perhelatan Asean Coast Guard Forum (ACF) 2023,” ujar Laksdya TNI Dr. Irvansyah.

Baca Juga :  TNI Lumpuhkan Anggota KSTP Yahukimo

Melanjutkan pengarahannya, turut disampaikan bahwa Kepala Bakamla RI telah menerima Surat Izin Prinsip Penyesuaian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Keamanan Laut, dari Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas yang langsung ditanda tangani. “Semoga dengan kenaikan tunjangan kinerja ini menjadi hadiah indah bagi Bakamla RI di awal tahun dan menjadi penyemangat kita dalam bekerja untuk menjadi lebih baik lagi”, kata Laksdya TNI Dr. Irvansyah.