Scroll ke Atas
Berita UtamaNasional

Menhan Prabowo Subianto Jelaskan Ekonomi Pancasila Pada Seminar Kebangsaan di IMN

114
×

Menhan Prabowo Subianto Jelaskan Ekonomi Pancasila Pada Seminar Kebangsaan di IMN

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjadi keynote speaker Seminar Nasional Kebangsaan yang diselenggarakan Institut Madani Nusantara (IMN) di Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Seminar yang mengusung tema “Penguatan Peradaban Menyongsong Indonesia Emas 2045 Bersama 1000 Guru Besar, Rektor, dan Cendekiawan Se-Indonesia” ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Menhan Prabowo menyampaikan bahwa kehidupan negara demokrasi yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa-bangsa kita adalah negara yang berkedaulatan rakyat, dimana rakyat menentukan masa depannya sendiri. Kuncinya menurut Menhan adalah membangun suatu bangsa agar kesejahteraan lebih merata.

Baca Juga :  CEO TVOne Apresiasi TNI Sebagai Lembaga yang Paling Dicintai Rakyat

“Ekonomi Pancasila menurut saya yaitu prinsip-prinsip ekonomi yang harus berdasarkan Pancasila, berdasarkan asas-asas religius. Berarti ajaran keserakahan tidak cocok sama kita. Yang lemah harus kita angkat, yang kuat membantu yang lemah,” kata Menhan.

“Selain itu ekonomi kita harus mewujudkan persatuan nasional. Satu untuk semua, semua untuk satu. Ekonomi yang berpihak kepada kepentingan nasional dan kerakyatan. Harus ada keberpihakan kepada yang lemah dan miskin. Serta ekonomi yang harus menuju keadilan sosial,” tambah Menhan Prabowo.

Baca Juga :  Sely Warga Cibogo Raih Hadiah Utama Pada Giat Jalan Sehat Puncak Kegiatan Milad Satu Dasawarsa SIJ Bantarkawung

Disampaikan Menhan bahwa artinya esensi ekonomi Indonesia adalah bahwa ekonomi Pancasila mengambil esensi yang terbaik dari kapitalisme dan esensi terbaik dari sosialisme. Karena semua agama esensinya adalah mengajarkan sosialisme, mengatur seluruh masyarakat, mengatur yang lemah, miskin agar diurus oleh negara.