Scroll ke Atas
Brebes

Pemberian Obat Cacing dan Vitamin Pada Domba di Lokasi TMMD

232
×

Pemberian Obat Cacing dan Vitamin Pada Domba di Lokasi TMMD

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes memberikan pelayanan kesehatan hewan di kegiatan non fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Rabu (11/10/2023).

Dikemukakan drh. Asri Kurniandari, Medic Veteriner Muda Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, untuk kegiatan yang dilakukan yaitu pemberian obat cacing dan pemberian vitamin pada ternak kambing/domba.

“Kami memberikan obat cacing dan vitamin kepada 450 ekor kambing/domba secara gratis untuk membantu para peternak di lokasi TMMD ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Di Bulan Ramdhan, Pemdes Pruwatan Salurkan Bansos Bagi 1838 KPM

Lanjutnya, di pedesaan warga cenderung beternak kambing/domba karena pengembangbiakannya lebih cepat dari hewan besar, cenderung beranak kembar dalam satu kelahiran, dan dapat beranak dua kali dalam satu tahun, kemudian kulitnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, dan kotorannya dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman.

Harapannya, setelah dilakukan pengobatan dan pemberian vitamin maka hewan ternak akan lebih sehat atau tidak mudah sakit, tambah nafsu makan, dan sekaligus untuk menanggulangi penyakit menular PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan berkuku belah yang disebabkan oleh virus.

Baca Juga :  Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi di Non Fisik TMMD

Selain pengobatan dan pemberian vitamin pada ternak, juga dilakukan penyuluhan/edukasi agar peternak agar kedepan mendapatkan hasil ternak yang lebih baik dan berkualitas, seperti pemilihan bibit yang baik/bibit unggul, jenis makanan yang diberikan terdiri dari hijauan dan penguat secara teratur, kandang hendaknya dapat melindungi ternak dari panas, dingin, kehujanan dan gangguan-gangguan lainnya.