Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Musrenbangcam Paguyangan Utamakan Skala Prioritas, Merata dan Tepat Sasaran

31
×

Musrenbangcam Paguyangan Utamakan Skala Prioritas, Merata dan Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Paguyangan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Brebes untuk Tahun 2025, digelar di Kantor Kecamatan Paguyangan pada Selasa, 20 Februari 2024.

Camat Paguyangan H. Salamun SIP mengatakan, dengan adanya Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Desa di wilayah Kecamatan Paguyangan dengan cara memotret inti potensi dan sumber-sumber pembangunan.

“Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kali ini harus berfokus pada usulan yang dirasa memiliki kriteria prioritas tinggi, genting dan penting serta agar merata dan tepat sasaran;” tutur Salamun.

Dari sekian banyak daftar panjang, tutur Salamun, coba kita prioritaskan mana yang paling genting artinya kalau tidak segera dibenahi bisa menimbulkan kerusakan dan kerugian, penting artinya kalau tidak ditangani bisa mengurangi ukuran kinerja.

“Dengan cara ini diharapkan ringkasan usulan-usulan prioritas pembangunan di Kecamatan Paguyangan dapat terealisasi secepatnya,” terangnya.

Salamun menambahkan, hal pokok yang dibahas dalam musrenbang tersebut antara lain, mengenai Kesepakatan rencana pembangunan dan Pendelegasian hasil kesepakatan bersama.

Baca Juga :  Alumni UGM Salurkan Bantuan Telur Peduli Stunting ke SDN Kalierang 01 Bumiayu

Pendamping Desa Kecamatan Paguyangan Ary dalam musrenbang menyarankan, masing- masing desa memberikan 5 usulan rencana bangunan. Untuk Kecamatan Paguyangan sendiri ada 12 desa, sehingga total keseluruhan jadi 60 usulan.

“Rapat musrenbang melakukan penggodokan 60 usulan, titik lokasi pembangunan dipilih yang sangat perlu dan mendesak untuk dipreoritaskan menjadi 12 titik usulan dan kemudian diperkecil menjadi 5 usulan pembangunan,” paparnya.

Untuk Ds.Cilibur mengajukan usulan sesuai hasil musrenbangdes yakni merehab jalan tembus Langkap – Cilbur – Cipetung dengan recana alokasi anggaran 5 Miliar.

Desa Winduaji memproritaskan jalan lingkar Waduk Penjalin dengan nilai anggaran mencapai 10 M.

Termasuk lima desa yakni Desa Cipetung, Desa Kedungoleng, Desa Kretek, Desa Paguyangan dan Desa Pakujati semuanya akan mendapatkan prioritas.

Acara Musrembangcam Paguyangan dihadiri Camat Paguyangan, Anggota DPRD Komisi II M Zamroni Joni Waluyo, H. Nurhendro dan Tri Murdianingsih, serta para Kepala Desa, Sekdes dan para Ketua BPD, Pendamping desa serta para tamu undangan. (Dun/Yan)