Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Simulasi Pemilu oleh KPU Brebes, Berharap Pemilu 2024 Sukses

183
×

Simulasi Pemilu oleh KPU Brebes, Berharap Pemilu 2024 Sukses

Sebarkan artikel ini

EMSATUNES.CO.ID, BREBES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, simulasi sebagai langkah dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024. Kegiatan simulasi dilaksanakan di Aula Pendopo, Kecamatan Bumiayu, Brebes pada Rabu, 31 Januari 2024.

Kegiatan simulasi diikuti sejumlah 258 orang untuk menjadi peserta pemilih yang merupakan masyarakat yaang terdaptar di TPS 1 di Desa Kalierang serta sebagian lagi merupakan petugas KPPS di Pemilu mendatang.

Ketua Komisioner KPU Brebes selaku divisi teknis Wahadi mengatakan, acara simulasi yang dilakukan KPU Kabupaten Brebes yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai tata cara pemungutan suara, sehingga pada pelaksanaanya nanti bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Baca Juga :  Panwaslucam Bantarkawung Gelar Sosialisasi Pilkada 2024

“Sebelumnya pihak KPU Kabupaten Brebes sudah melaksanakan giat simulasi di wilayah Brebes utara, dan hari ini giat simulasi yang kedua kalinya dilakukan di wilayah Kabupaten Brebes Selatan,” ungkapnya.

Lanjut Wahadi, dalam acara tersebut pihaknya juga mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta Panwas dari enam kecamatan di Brebes selatan (Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem).

Dalam simulasi disampaikan tata acara mulai dari para peserta yang duduk antri untuk kemudian melakukan pendaftaran dan menunggu panggilan dari Ketua KPPS, dan akan mendapatkan 5 (lima) buah surat suara. Selanjutnya menuju bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya, setelah itu memasukan surat suara dan yang terakhir memasukan jari ke tinta sebagai bukti telah melaksanakan pencoblosan.

Baca Juga :  Anggota DPRD Brebes Gelar Giat Monitoring Pelaksanaan Pilkades di Bantarkawung

“Kami berharap dalam pelaksanaan nanti pada tanggal 14 Febuari 2024 setelah adanya giat ini, Panitia KPPS mampu mengimlementasikan di setiap TPS wilayah masing-masing. Selain itu juga, para petugas harus mampu memahami aturan-aturan yang sudah ditentukan, juga pembekalan yang di berikan oleh KPU Kabupaten Brebes,” tutupnya.***