Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Dalam Keheningan Malam, Bupati Pemalang Ikut Apel Kenang Jasa Para Pahlawan

1320
×

Dalam Keheningan Malam, Bupati Pemalang Ikut Apel Kenang Jasa Para Pahlawan

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Dalam suasana khidmat di tengah malam, Kabupaten Pemalang menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Jayana Sureng Yudha, Selasa (16/8/2024). Acara ini menjadi momen sakral untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, bersama Forkopimda dan masyarakat hadir dalam acara tersebut. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif memimpin jalannya upacara.

Tepat pukul 00.00 WIB, upacara dimulai dengan laporan dan penghormatan pasukan. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci yang penuh makna. Dalam naskah tersebut, Inspektur Upacara mengajak seluruh yang hadir untuk merenungkan perjuangan para pahlawan dan bersumpah untuk melanjutkan perjuangan mereka.

Baca Juga :  PRM Bumiayu Brebes Berbagi Berkah Ramadhan Sebanyak 285 Paket UntukWarga Bumiayu dan Sekitarnya

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ucap Letkol Inf Muhammad Arif.

Setelah pembacaan naskah, suasana menjadi hening sejenak saat peserta upacara mengheningkan cipta. Dilanjutkan dengan penyalaan api obor sebagai simbol semangat juang yang terus berkobar.

Baca Juga :  Kamabicab : Pramuka Harus Bisa Dinamis dan Gunakan Teknologi Informasi

Acara ditutup dengan doa dan penghormatan pasukan. Dengan khidmat, seluruh peserta upacara meninggalkan Taman Makam Pahlawan, membawa semangat juang para pahlawan dalam sanubari.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci bukan hanya sekadar upacara seremonial, tetapi mengandung makna yang sangat mendalam. Acara ini menjadi momen untuk merefleksikan kembali arti kemerdekaan dan pentingnya menghargai jasa para pahlawan.

“Melalui upacara ini, kita diingatkan kembali akan perjuangan panjang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Kita juga diajak untuk melanjutkan perjuangan mereka dengan cara kita masing-masing,” ujar salah seorang peserta upacara.**( Joko Longkeyang )