Scroll ke Atas
Berita UtamaNasionalPendidikan

Peduli Sejarah, Mahasiswa Undip Buat Video Promosi Situs Perjanjian Giyanti

1221
×

Peduli Sejarah, Mahasiswa Undip Buat Video Promosi Situs Perjanjian Giyanti

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Karanganyar – Dalam upaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap sejarah lokal dan mempromosikan Situs Perjanjian Giyanti, mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Desa Jantiharjo, Karanganyar, Jawa Tengah, membuat video promosi yang diunggah ke Youtube.

 Galang Herdhananda, mahasiswa S1 Sejarah selaku anggota Tim II KKN Undip Desa Jantiharjo, menjelaskan bahwa Situs Perjanjian Giyanti merupakan peninggalan sejarah yang sangat penting bagi sejarah Indonesia. “Kelurahan ini memiliki salah satu peninggalan sejarah yang sangat penting bagi sejarah Indonesia, yakni Situs Perjanjian Giyanti. Di sinilah pembagian Kerajaan Mataram Islam berlangsung pada 13 Februari 1755,” jelas Galang.

Baca Juga :  Sudah Seperti Teror Bom Lakalantas Ply Over Kretek, Brebes Bukan Lakalantas Biasa

 Galang menceritakan proses pembuatan video promosi Situs Perjanjian Giyanti. Ia memulai dengan melakukan survei di situs tersebut untuk mengenal lebih dalam objek penelitiannya. Selanjutnya, Galang melakukan wawancara dan pengambilan video dengan beberapa tokoh penting, seperti Wahab, juru kunci situs, dan Sujiyanto, Koordinator Lingkungan Kerten Jantiharjo.

 Galang berharap program kerja ini dapat membuat masyarakat Jantiharjo semakin bangga memiliki Situs Perjanjian Giyanti. Ia juga berharap video promosi ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap pentingnya sejarah lokal dalam pembentukan identitas masyarakat. “Harapannya, bila membahas Kelurahan Jantiharjo, masyarakat akan langsung teringat pada Situs Perjanjian Giyanti,” ungkap Galang.

Baca Juga :  Bupati Pemalang Serahkan SK Pengangkatan P3K kepada Guru dan Nakes

 Video promosi Situs Perjanjian Giyanti dapat diakses melalui tautan berikut:

https://youtu.be/XKicK1FJ-yk.

Melalui video ini, mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Jantiharjo berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pelestarian sejarah dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya lokal.**( Joko Longkeyang )