Scroll ke Atas
Berita UtamaBogorPendidikan

SDN Pakuan Kota Bogor Gelar Lomba HUT RI ke 79, Kuatkan Nasionalisme dan Kekompakan

1765
×

SDN Pakuan Kota Bogor Gelar Lomba HUT RI ke 79, Kuatkan Nasionalisme dan Kekompakan

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BOGOR – SDN Pakuan yang berlokasi di Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, menggelar berbagai perlombaan pada peringatan HUT RI ke 79. Kegiatan perlombaan itupun menguatkan rasa nasionalisme dan mengajak untuk merekatkan keakraban antar pihak yang ada di sekolah. Dengan pakaian nuansa merah dan putih, para siswa dan guru-guru sangat antusias dan semangat mengikuti lomba.

Berbagai lomba digelar diantaranya, lomba joget balon, lomba dagongan, lomba mewarnai, lomba Cosplay, dan lomba estafet air dan berbagai lomba lainnya. Kemeriahan dan kebahagiaan terpancar dari para siswa dimulai kelas 1 hingga kelas 6 yang mengikuti lomba sejak, Senin 19 Agustus 2024 pagi.

Kepala Sekolah SDN Pakuan, Joko Hadiyarso mengatakan, lomba yang digelar ini untuk menguatkan rasa nasionalisme para siswa. Bukan hanya siswa, guru-guru dan wali murid dan komite sekolah juga dilibatkan mengikuti lomba. Joko mengungkapkan, dengan lomba yang digelar, para siswa terlihat bersemangat dan menjadikan proses penanaman rasa nasionalisme dan bakat-bakat pada anak-anak.

Baca Juga :  Tabligh Akbar Bersama UAH, Lazizmu Himpun 6,7 M

“Semua berkumpul, para siswa, wali murid dan komite sekolah. Lomba inipun memberikan motivasi kepada para siswa agar berani tampil. Selain itu, ini proses penanaman rasa nasionalisme kita pada HUT RI ke 79 ini,” kata Kepsek.

Keunikan terjadi saat lomba cosplay, dimana para siswa mengenakan pakaian atau kostum memerankan berbagai macam karakter tokoh nasional. Seperti tokoh Presiden RI pertama Ir. Soekarno, RA Kartini, Jenderal Sudirman, dan lainnya. Tampak para peserta sangat antusias mengikuti lomba cosplay dengan dandanan dan pakaian mirip tokoh-tokoh nasional.

“Terlihat kreatifitas siswa saat mengikuti lomba. Mereka bersemangat dan ceria, ketika mendapatkan hadiah, semuanya bahagia. Alhamdulilah kami bisa melaksanakan HUT RI ke 79 ini, dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Semoga menjadi motivasi agar anak-anak semakin berprestasi,” harapnya.

Smentara, Komite sekolah SDN Pakuan, Ucu Anugrah mengatakan, lomba ini diikuti oleh seluruh siswa, dengan dibagi 2 sesi, pertama dari kelas 1 hingga 3, lalu kedua dari kelas 4 sampai kelas 6. Lomba inipun terwujud karena kolaborasi dan kerjasama antara pihak sekolah, komite dan wali murid.

Baca Juga :  Jaga Hubungan Dengan Tuhan Dan Masyarakat, Anggota Satgas TMMD Reg Ke-114 Laksanakan Ibadah Bersama Warga

“Bukan hanya para siswa, semuanya kompak, pihak sekolah dan wali murid serta komite, juga mengikuti lomba. Alhamdulilah lomba berjalan dengan baik dan lancar, para siswa juga terlihat sangat antusias mengikuti seluruh lomba yang dilaksanakan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ucu Anugrah juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh para guru, yang selalu mendukung kreatifitas para siswa, seperti pada perlombaan HUT RI ke 79 ini.

“Dengan kerjasama yang terbangun antara pihak sekolah dan komite serta para wali murid, semua kegiatan di sekolah bisa berjalan lancar. Kegiatan ini juga sebagai wadah dan sarana murid untuk berekspresi, menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan, dan memotivasi murid untuk mengembangkan sikap sportivitas,” tutupnya. (FDL)