Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Peringati HUT ke-67 SMP 1 Bumiayu Siap Cetak Generasi Pancasila

30
×

Peringati HUT ke-67 SMP 1 Bumiayu Siap Cetak Generasi Pancasila

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 SMP Negeri 1 Bumiayu (Sempesabum) mengelar acara tasyakuran bertempat di Aula RA Kartini Sekolah. Sabtu, 12 Oktober 2024.

Kepala Sekolah (Kepsek) Ina Purnamasari SPd MPd mengungkapkan, acara tasyakuran ini tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga refleksi perjalanan panjang sekolah yang berdiri sejak 12, Oktober 1957.

“Diusianya yang ke 67, kami segenap guru dan jajaran staf Sepemsabum berkomitmen untuk mencetak siswa-siswi berkarakter Pancasila yang siap menghadapi tantangan zaman,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ina mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas perjalanan dan perjuangan serta prestasi yang telah diraih selama ini.

“Perayaan lahirnya Sepemsabum ini merupakan nikmat dari Allah, dan tidak mungkin terjadi tanpa dukungan dari berbagai pihak.

Alhamdulillah kami sangat berbahagia dengan dikelilingi orang-orang yang mendukung kemajuan sekolah ini,” tambahnya.

Disisi lain, Ina juga mengapresiasi guru-guru SD yang telah berperan dalam mensosialisasikan SMP Negeri 1 Bumiayu. Sehingga di tahun ini, sekolah menerima sekira 460 pendaftar meskipun kapasitas yang tersedia hanya mampu menampung 336 siswa.

Baca Juga :  Musrenbang Kecamatan Bantarkawung Bahas Program Strategis dan Prioritas Penting

Ina juga menekankan bahwa, pentingnya pendidikan yang tidak hanya bersifat akademik akan tetapi juga mengajarkan pendidikan karakter.

Peringatan HUT Sepemsabum kali ini mengambil tema Manusia Sakti yang Bisa Menjawab Tantangan Zaman.

“Pengaruh negatif akibat teknologi terutama dari ponsel, merupakan tantangan terbesar saat ini yang dihadapi siswa,” ungkap Ina.

Dirinya berharap siswa mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan terhindar dari konten negatif.

Dalam kesempatan tersebut Sanah, SPd MPd yang merupakan guru sejarah di Sepemsabum, memaparkan terkait sejarah awal mulanya pendirian sekolah.

Ia menjelaskan bahwa, sekolah SMP Negri 01 Bumiayu didirikan berdasarkan surat keputusan nomor 582 dan mulai dibangun oleh pemerintah pusat pada 1 Agustus 1957.

Baca Juga :  Tim Putri Tirta Baribis Keluar Sebagai Juara Gobak Sodor FORDA 2023

“Betapa sulitnya perjuangan para pendiri sekolah kala itu, untuk memenuhi berbagai persyaratan hingga SMP Negeri 1 Bumiayu resmi berdiri,” kata Sanah dalam membacakan naskah sejarah pendirian sekolah.

Ketua Komite SMP Negeri 1 Bumiayu, Imam Santoso, memberikan ucapan selamat dan harapan agar sekolah semakin sukses dan maju di masa depan.

“Saya berharap SMP Negeri 1 Bumiayu dapat terus mencetak prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari Anggota DPRD Kabupaten Brebes, H. Mukhamad Taufik yang hadir dalam acara tersebut.

Muhammad Taufik menyatakan kesiapan dirinya untuk membantu aspirasi dan kebutuhan sekolah sesuai prosedur.

“Kami siap menampung usulan segala bentuk pengajuan bantuan, demi kemajuan SMP Negeri 1 Bumiayu,” tutur Taufik.

Taufik berharap, dengan semangat kebersamaan dan komitmen dari semua pihak, SMP N 1 Bumiayu akan semakin maju dan pesat melahirkan siswa siswi yang handal.

“Dengan Perayaan HUT ke-67 SMP Negeri 1 Bumiayu, semoga menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang relevan dengan tantangan zaman. Pungkasnya.***