Scroll ke Atas
Berita UtamaNasionalPemalang

PemKab. Pemalang Raih Peringkat 8 Nasional dalam Penilaian Standar Pelayanan Publik 2024

339
×

PemKab. Pemalang Raih Peringkat 8 Nasional dalam Penilaian Standar Pelayanan Publik 2024

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang pelayanan publik. Dalam Penilaian Standar Pelayanan Publik Tahun 2024 oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Pemalang berhasil meraih peringkat 8 Nasional kategori kabupaten dengan nilai 98,59 dan Opini Kualitas Pelayanan Tertinggi. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Muhammad Najih, kepada Pjs Bupati Pemalang, Agung Hariyadi, di Hotel Jakarta pada Kamis (14/11/2024).

Penilaian Standar Pelayanan Publik dilakukan Ombudsman RI sebagai lembaga pengawas eksternal penyelenggaraan pelayanan publik dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan mencegah terjadinya maladministrasi.

Penilaian ini dilakukan terhadap 25 Kementerian, 14 Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi, 98 Pemerintah Kota, dan 416 Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia. Lokus penilaian di Kabupaten Pemalang meliputi delapan unit kerja, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil), Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos KB PP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Puskesmas Banjardawa, dan Puskesmas Paduraksa.

Baca Juga :  Sambangi Makoramil 06 Kersana Kodim 0713 Brebes Anak TK Pertiwi Ciampel Dikenalkan Budidaya Ikan Air Tawar

Pjs. Bupati Pemalang, Agung Hariyadi, dalam keterangannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga Pemalang dapat meraih penghargaan di tingkat Nasional,”Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan pelayanan publik sehingga menjadikan Kabupaten Pemalang semakin lebih baik lagi,” ungkap Agung Hariyadi.

Baca Juga :  Babinsa Danukusuman & Lurah Pasar Cek Harga Sembako di Pasar Hardjodaksino

Ia menegaskan bahwa raihan penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Pemalang dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan prima kepada masyarakat. Penghargaan ini juga menjadi pemacu semangat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di masa mendatang, dengan tujuan untuk mewujudkan Kabupaten Pemalang yang lebih maju dan sejahtera.

“Alhamdulillah dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung raihan penghargaan ini. Semoga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menuju Pemalang yang lebih baik,” pungkasnya.

Pencapaian ini membuktikan bahwa Pemkab Pemalang telah berhasil dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa mendatang, sehingga masyarakat Kabupaten Pemalang dapat merasakan manfaatnya secara langsung.**( Joko Longkeyang )