Scroll ke Atas
Berita Utama

Desa Cibuyur, Gelar Grebeg Maulud Sebagai Ungkapan Rasa Syukur.

1241
×

Desa Cibuyur, Gelar Grebeg Maulud Sebagai Ungkapan Rasa Syukur.

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Desa Cibuyur, Kecamatan Warung, Kabupaten Pemalang, pada hari Senin ba da, Duhur (16/9/2024) akan dipenuhi kemeriahan. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 dirayakan dengan meriah melalui acara Grebeg Maulud.

Acara diawali dengan kirab gunungan dan ambeng berisi hasil bumi. Kepala Desa Cibuyur, Yoyok Kusnodo, akan menerima Gunungan dari kelompok tani selanjutnya secara simbolis akan menyerahkan gunungan tersebut kepada Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T., M.Ling. Selanjutnya, gunungan akan didoakan oleh dalang ruwat bumi untuk diruwat.

Baca Juga :  Ratusan Pengendara Motor Pawai Jelang Sholawat Kebangsaan Ganjar Pranowo

Yoyok Kusnodo juga menyampaikan, malam harinya, masyarakat akan dimanjakan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Gatotkaca Winisuda Ratu Pringgodani”. Pagelaran ini akan dibawakan oleh Ki Gandhik Wayah Sugino yang berasal dari Banyumas.

Kegiatan Grebeg Maulud ini diikuti oleh kelompok tani, tujuh sanggar seni lokal, dan seluruh masyarakat Desa Cibuyur. Kepala Desa Yoyok Kusnodo berharap acara ini dapat menjadi bentuk syukur kepada Allah SWT sekaligus memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :  Muhammadiyah dan Aisyiyah Ranting Menggala Sukses Gelar Musyawarah Ranting

Yoyok juga mengungkapkan, grebeg Maulud ini diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki dan keberkahan kepada Masyarakat Desa Cibuyur dan juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini diikuti oleh : Kelompok tani Desa Cibuyur , Tujuh sanggar seni dan Budaya yang berada di Desa Cibuyur serta masyarakat Desa Cibuyur.( Joko Longkeyang )