Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Gelar Latihan Dalmas, Sat Samapta Polres Brebes Tingkatkan Ketrampilan Setiap Anggota

×

Gelar Latihan Dalmas, Sat Samapta Polres Brebes Tingkatkan Ketrampilan Setiap Anggota

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –  Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Brebes gelar pelatihan kompi kerangka pengendalian massa (Dalmas), Selasa (15/3/2022).
Tampak sebelum dilaksanakan pelatihan kerangka kompi Dalmas para personil mendapat arahan dan teori dasar yang dipimpin Waka Polres Brebes Kompol Arwansa. 
Waka Polres Brebes Kompol Arwansa mengatakan pelatihan ini melibatkan personil  gabungan dari bag, sat, sie serta personil jajaran Polsek guna meningkatkan ketrampilan dalam menghadapi  massa.
“Latihan ini kami berikan enam materi dalam hal pengendalian massa diantaranya, Dalmas lanjut disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya, sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju,” katanya.
Dikatakan Arwansa pelatihan ini juga membentuk ketrampilan dan membentuk fisik yang prima kepada personil polres brebes jelang menghadapi pemilihan kepada desa tahun 2022 secara serentak di wilayah Kabupaten Brebes guna mencegah segala gangguan kamtibmas maupun kerawan di tempat pemilihan.
Pelaksanaan pelatihan dalmas ini juga di sertai hujan, nampak terlihat personil dengan tetap semangat dalam melaksanakan pelatihan pengendalian massa tersebut.
Nampak terlihat sebanyak puluhan personil dalam melaksanakan gerakan dalmas dengan tameng serta tanpa tameng, selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.
”Dengan rutin melaksanakan latihan, kami harapkan setiap anggota Samapta selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Sat Samapta,” ujar Arwansa.
Sementara Kasat Samapta  mengungkapkan setiap personil juga harus paham tahapan – tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.
Lanjut Suraedi sebagai langkah dasar pihaknya juga memberikan teori serta memperagakan dengan formasi dalmas lanjut di antaranya, Sikap Siaga, Dorong Maju, Desak Maju Sikap Berlindung dan Sikap Dorong Maju,” pungkasnya – (imam)

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Pekalongan Pasang Spanduk Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023